ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > SAHABAT NABI > Sahabat Nabi putra Sahabat > Abdullah bin Umar

 
 
 
 
 
 
 
 

Abdullah bin Umar

 
ABDULLAH IBN UMAR (10 SH-73 H)
 
   Sahabat nabi yang terkenal pemberani dan suaranya lantang, dan banyak meriwayatkan hadits Nabi. Ia adalah orang yang senantiasa mengikuti jejak dan tradisi Rasul (Sunnah), karena itu banyak orang yang mengikuti jejaknya. Ia termasuk pemuka, ilmuwan dan juru fatwa kaum muslimin.
  Nama Abdullah bin Umar bin Khathab, biasa dipangil Abu Abdurrahman. Ia memeluk Islam sejak kecil dan ikut hijrah ke Madinah bersama ayahnya, Umar Bin Khathab. Ia ikut perang badar, tetapi kemudian Rasul menyuruhnya untuk pulang, karena ia baru berusia 13 tahun. Ia juga mengikuti penaklukan kota Mekah, perang Yarmuk dan penalukan kota Mesir. Dan ia meninggal di kota Mekah.
    Ia adalah seorang saudagar yang sukses yang kaya raya, tetapi sangat dermawan. Ia tidak makan kecuali bersamanya seorang yatim atau fakir miskin. Ia juga sangat gemar mengerjakan shalat malam.
   Ia pernah duakali ikut dalam perang pembebasan Afrika. Yang pertama bersama Abdullah bin Abi Sarh dan yang kedua bersama Muawiyah bin Khudaij. Khalifah Utsman pernah menawarinya menjadi hakim, tetapi ia menolak. Ia juga pernah diabaiat menjadi khalifah oleh sekeompok sahabat ketika Utman terbunuh, tetapi ia menolaknya. Ia juga tidak terlibat daam pemberontakan muawiyah terhadap khalifah Ai bin Abi Thalib.
   Ia meriwayatkan 2630 hadits nabi. Dalam bidang hadits ini, ia terkenal sebagai orang yang sangat hati-hati dalam meriwayatkan hadits, dan sangat hati-hati juga dalam mengeluarkan fatwa hukum, karenanya ia tidak melakukan ijtihad.
    Dimasa tuanya ia mengalami kebnutaan dan meninggal pada usia 85 tahun (73 H), dan merupakan sahabat yang paling terakhir yang meninggal di Mekah.
 
by: Adeng Lukmantara
ref.

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda