ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > SAHABAT NABI > Pemeluk Islam Awal > Salman al Farisi

 
 
 
 
 
 
 
 

Salman al Farisi

 
SALMAN AL FARISI (w. 35 H)
 
” Surga merindukan 3 orang, yakni: Ali bin Abi Thalib, Ammar bin Yasir dan Salman al farisi.” (Sabda Nabi)
 
    Sahabat Nabi yang terkenal karena keahliannya dalam hal tekhnik (tekhnolog), dan dikenal sebagai pendesain perang khandaq (parit).
      Nama Mabah bin Budzkhasyan bin Mousilan bin Babudzan bin Fairuz bin Shark al Isfahani, dan terkenal dengan nama Salman al farisi. Nama panggilannya adalah Abu Abdillah dan digelari dengan salman al Khair.
      Ia berasal dari desa Ji di Isfahan, Persia. Ia adalah sosok shabat yang terkenal memiliki ide-ide brilyan, memilki tubuh yang kuat, dan pandai dalam ilmu-ilmu syari’at.
      Sebelu masuk islam, ia merupakan penganut Zoroaster dan pernah menjadi penjaga api di kuil pemujaan orang-orang Persia. Ia kemudian tertarik masuk Kristen, sehingga ayahnya mengikat dan mengurungnya. Dan ketika ada kafilah nasrani melewati daerahnya menuju Syam, ia kemudian mengikutinya. Di Syam ia tinggal bersama uskup. Tetapi ia kemudian mengetahui bahwa si uskup mengumpulkan sedekah hanya untuk dirinya sendiri, sehingga, ia kemudian pindah ke uskup yang lainnya yang lebih baik, yang menyarankan untuk pergi ke uskup di Mosul. Di Mosul pun ia tinggal dengan uskup. Dan ketika uskup iniakan meninggal, ia memberitahu bahwa akan ada Nabi yang diutus, dan agar ia mengikuti nabinya. Sehingga ia kemudian mencari informasi tentang nabi akhir zaman itu.
       Dan ketika ia bertemu dengan nabi dan mendapatkan ciri-ciri yang telah di uraikan oleh uskup Mosul, akhirnya ia masuk Islam.
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda