ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > SAHABAT NABI > Pemeluk Islam Awal > Abu Bakar shidiq

 
 
 
 
 
 
 
 

Abu Bakar shidiq

ABU BAKAR SHIDIQ (50,5 SH-    H/ w. 634 M)
 
     Sahabat Nabi yang paling dekat dan terpercaya, sehingga digelari Ash Shidiq (terpercaya). Ia juga merupakan khalifah pertama Islam, setelah Nabi Muhammad meninggal dunia,
     Lahir di Mekah 2,5 tahun setelah tahun gajah atau 50,5 sebelum hijrah. Dimasa pra Islam, ia dikenal sebagai Abul Ka’ab, dan ketika  masuk Islam, Nabi memberinya nama Abdullah, dengan gelar Ash Shidiq (orang terpercaya). Ia berasal dari suku Quraisy dari Bani Tamim, dan silsilah turunannya sama dengan nabi pada garis ke-7.
        Abu Bakar adalah seorang saudagar dan berkali-kali mengadakan perjalanan dagang ke Syiria atau Yaman. Ia berkawan dengan nabi dan sering megunjungi nabi. Dan ketika Nabi Muhammad meneriman wahyu, ia sedang berada di Yaman. Setelah kembali ke Mekah, ia mendengar ejekan para pemimpin Quraisy tentang pengangkatan muhammad sebagai Nabi. Dan ia termasuk tokoh pertama yang tidak meragukan kenabian Muhammad dan termasuk yang pertama masuk Islam, disamping Khadijah dan Ali bin Abi Thalib.
      Sebagai orang kaya,  ia banyak menyerahkan kekayaanya untuk berda’wah. Ia juga banyak membeli dan membebaskan para budak, termasuk membebaskan Bilal, yang mendapat siksaan dari majikanya.
      Ketika hijrah ia mengikuti nabi serta meninggalkan anak dan istri, sehingga anak-anaknya masih ada yang kafir, seperti Abdurrahman bin Abu Bakr, yang dalam beberapa peperangan menjadi musuhnya, tetapi kemudian masuk Islam. Dan setelah nabi meninggal, ia kemudian terpilih ssebagai khalifah pertama.
     Ia meninggal pada 23 Agustus 634 M, dalam usia 63 tahun, dan jenazahnya dimakamkan disamping makam nabi.

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda