ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > SAHABAT NABI > Pemeluk Islam Awal > Abdurrahman bin Auf

 
 
 
 
 
 
 
 

Abdurrahman bin Auf

 

ABDURRAHMAN BIN AUF, (44 SH-32 H/ 652 M)

   Salah seorang sahabat Nabi Muhammad yang terkenal karena ketokohannya dalam bidang ekonomi. Ia merupakan salah seorang diantara 8 orang yang mula-mula masuk Islam, dan termasuk salah satu dari 10 orang yang diberitakan Rasulullah masuk surga.
     Nama Abdurrahman bin Auf bin Abd Auf ibn Abd Harits, biasa dipanggil Abu Muhammad. Pada masa masa jahiliyah ia bernama Abd al Ka’bah, lalu Rasuullah menamainya Abdurrahman. Ia masuk Islam melalui tangan Abu bakar dan masuk islam 2 hari setelah Abu Bakar. Ia berasal dari suku Zuhrah, dan merupakan saudara sepupu dari Sa’ad bin Abi Waqqas. Istrinya juga merupakan saudara seibu Utsman bin Affan.
    Ia ikut hijrah ke Ethiopia (Habasyah) gelombang pertama dan kedua. Ia juga ikut hijrah ke Madinah, dan dipersaudarakan dengan Sa’ad bin Rabi’. Ia ikut dalam perang badar dan semua peperangan yang diikuti Rasul. Dalam perang Uhud ia terkena 21 luka, sebagian gigi depannya pecah sehingga ia sulit berbicara, dan salah satu betisnya terkena luka sehingga pincang.
    Ketika khalifah Umar bin Khathab meninggal dunia, ia terpilih salah satu diantara mereka menjadi khalifah sepeninggalnya. Abdurrahman menjadi ketua dewan tersebut, yang kemudian memilih Utsman Bin Affan sebagai penggantinya.
 
Peran
     Abdurrahman, merupakan sosok sahabat nabi yang  terkenal karena ketokohannya dalam dunia ekonomi. Abdurrahman terkenal sebagai orang yang kaya raya, tetapi sangat dermawan. 
      Ketika hijrah ke Madinah ia ditawari oleh Sa’ad bin Rabi’ modal untuk usaha (separo hartanya) dan Sa’ad rela menceraikan salah seorang istrinya jika Abdurrahman bin Auf menghendakinya. Tetapi ia justru lebih tertarik untuk ditunjukan dimana letak pasar. Dan beberapa saat, ia ternyata mampu menjadi orang kaya.
       Dalam bidang hadits, ia meriwayatkan 65 hadits nabi.
 
by: Adeng Lukmantara
referensi:

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda