ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > SAHABAT NABI > Pemeluk Islam Awal > Abdullah bin Mas'ud

 
 
 
 
 
 
 
 

Abdullah bin Mas'ud

 
ABDULLAH IBN MAS’UD (w. 32 H)
 
        Sahabat nabi, guru besar tafsir dan qira’at di kota kufah. Imam-imam besar dikalangan tabi’in banyak yang belajar Al Qur’an darinya. 
      Ia termasuk sahabat yang mula-mula masuk Islam (urutan ke-6), dan orang yang pertama di Mekah yang berani membaca Al Qur’an dengan suara lantang (keras).
Nama Abdullah bin Mas’ud bin Ghafil bin Hubaib al hadzali, biasa dipanggil Abu Abdurrahman. Ketika masih remaja ia pengembala kambing milik ‘Utbah Bin Mu’ath. Ia tertarik kepada Islam, ketika ia sedang mengembala, Rasulullah serta Abu Bakar meminta susu kepadanya.
 Ia adalah seorang yang gemar memakai parfum. Jika keluar rumah, para tetangganya tahu kalau ia sedang lewat di jalan karena kekhasan aroma parfumnya. Ia berpostur kurus dan pendek, tingginya hampir sama dengan orang yang sedang duduk, sehingga kadang menjadi tertawaan karena karena betisnya yang kecil. Lalu Rasulullah mengatakan:” Demi jiwaku yang berada di genggaman-Nya, sesungguhnya kedua betisnya itu lebih berat dalam timbangan dariapada gunung Uhud” (HR. Ahmad). Ia mempunyai suara yang sangat bagus.Ibn Mas’ud juga pernah diberi jaminan masuk surga.
Ia ikut hijrah ke Ethiopia (Habasyah), dan juga ke Madinah. Ia juga tidak pernah absen mengikuti semua peperangan bersama nabi. Dalam perang Uhud, ia berhasil menebas leher Abu Jahal setelah Muadz hasil menikamnya. Pada masa khalifah Umar bin Khathab, ia pernah diutus ke Kufah dan menjadi guru dan pembantu gubernurnya, Ammar bin Yasir. 
Ia meninggal di Madinah
 
Pribadi dan Peran
    Sebelum masuk Islam Abdullah adalah orang yang rendah diri, seorang remaja yang lemah lagi miskin, yang hanya menerima upah sebagai pengembala kambing. Maka, ia selama itu tidak berani lewat dihadapan salah seorang pembesar Quraisy kecuali menundukan kepala, tetapi dikemudian hari setelah masuk Islam, ia tampil didepan majelis para bangsawan disisi Ka’bah, sambil membacakan QS Ar Rahman :1-7, sehingga pemuka Quraisy sangat marah.
     Ibn Mas’ud terkenal mempunyai bacaan Al Qur’an yang sangat bagus. Tentang dirinya, Ibn Mas’ud mengatakan:” Aku telah menerima langsung dari Rasullullah 70 surat Al Qur’an , dan tidak seorangpun yang menandingiku dalam hal tersebut.” (HR Ahmad). Dan Rasulullah pernah bersbda:” Siapa yang ingin membaca Al Qur’an persis seperti ia turunkan, maka hendaklah ia membacanya seperti bacaan Ibn Ummu Abd (maksudnya Abdullah bin Mas’ud)” (HR Ibn Majah).
   Ia adalah orang yang gemar melakukan shalat malam hingga menjelang waktu subuh. Diakhir kehidupannya ia dikenal sebagai orang yang banyak meriwayatkan hadits nabi Muhammad Saw (sekitar 848 hadits Nabi).
 
by: Adeng Lukmantara

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda