ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > SAHABAT NABI > Pemeluk Islam Awal >  Salim Maula Abu Hudzaifah

 
 
 
 
 
 
 
 

 Salim Maula Abu Hudzaifah

SALIM MAULA ABU HUDZAIFAH (w. 11 H)

Salah seorang yang hapal Al Qur’an, dan memiliki suara yang sangat bagus. Rasul bersabda,” Hendaklah kalian mengambil (mempelajari) Al Qur’an dari empat orang; Abdullah bin Mas’ud, Salim Maula Abu Hudzaifah, Ubay bin Ka’ab, dan Muadz bin Jabal.”

Nama Salim bin Ma’qil, biasa dipanggil Abu Abdillah. Ia berasal dari keturunan Persia, dan menjadi budak Hudzaifah bin Utbah. Hudzaifah memeerdekakannya dan mengangkatnya sebagai anak angkat, sehingga ia kemudian terkenal dengan nama Salim Maula Abu Hudzaifah.

Ia yang mengimami orang-orang Muhajirin ketika shalat di Masjid Quba. Ia termasuk salah seorang panglima besar di kalangan sahabat, dan ikut dalam perang Badar. Ia juga merupakan panglima perang (pembawa panji) kaum muslimin dalam perang Al Yamamah (perang melawan orang murtad), dan gugur dalam perang tersebut (11 H). Ketika tangan kanan putus ditebas musuh, ia membawa panji dengan tangan kiri, dan ketika tangan kirinya putus, ia membawa panji dengan lengannya, hingga menemui ajalnya. Jasadnya dimakamkan bersama jasad Abu Hudzaifah yang gugur juga dalam perang Yamamah.

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda