ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > SAHABAT NABI > Pemeluk Islam Awal >  Sa'id bin Zaid

 
 
 
 
 
 
 
 

 Sa'id bin Zaid

SA’ID BIN ZAID (22 SH-51H)
 
        Sahabat Nabi, termasuk yang mula-mula masuk Islam, dan salah satu dari sepuluh orang yang diberitakan nabi masuk surga.
       Nama Sa’id ibn Zaid ibn Amr ibn Nufail Al Quraisyi Al Adawi, dan biasa dipanggil Abu A’war. Lahir di Mekah tahun 22 sebelum hijrah.  Ia bertubuh tinggi dan terkenal sebagai sosok yang memiliki gagasan yang cemerlang disamping pemberani. Ia menikah dengan Fatimah binti Khaththab, saudara perempuan Umar bin Khaththab. Disamping Umar juga menikah dengan Atikah, saudara Sa’id bin Zaid.
      Said adalah factor yang menyebabkan Umar bin Khathab masuk Islam. Suatu saat Umar dan istrinya bertamu ke rumah Fatimah, adiknya (istri Sa’id). Saat itu di rumah Fatimah ada Khabab ibn Art. Mereka sedang mempelajari Al Qur’an. Pada mulanya Umar sangat murka, tetapi ketika membaca mushaf Al Qur’an ia mulai tertarik dan akhirnya Umar masauk Islam.
       Sebelum perang badar, Nabi menugaskannya untuk mengurusi sebuah misi di luar kota Madinah, sehingga ia tidak ikut dalam perang badar. Pasca perang badar ia mengikuti semua peperangan bersama nabi. Ia juga ikut dalam perang yarmuk dan pembebasan kota Damaskus. Abu Ubaidah pernah mengangkatnya sebagai komandan di damaskus.
      Ia meninggal di Al Aqiq, daerah dekat kota Madinah pada tahun 51 H, dan jasadnya dimakamkan di kota Madinah. Dalam bidang hadits, ia meriwayatkan 48 hadits nabi.

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda