ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > SAHABAT NABI > Istri & Keluarga Nabi > Ummu Kultsum binti Ali

 
 
 
 
 
 
 
 

Ummu Kultsum binti Ali

 
UMMU KULTSUM BINTI ALI (abad 1 H)
 
       Cucu Rasulullah SAW, dan putri dari Ali bin Abi Thalib dan istrinya, Fatimah.
       Nama Ummu Kultsum binti Ali bin Abi Thalib. Lahir pada masa-masa terakhir kenabian Muhammad. Ibunya, fatimah, meninggal di tahun kematian kakeknya, Nabi Muhammad. Ia tumbuh sebagai piatu dalam rumah ayahnya sendiri.
      Disaat Umat bin Khathab mendengar hadits nabi yang mengtakan bahwa tiaptiap asal muasal dan garis keturunan terputus pada hari kiamat kecuali asal muasal dan garis keturunan dari rasulullah. Ia kemudia melamar Ummu Kultsum melalui ayahnya, Ali ibn Abi Thalib, dan langsung menikahinya, dengan mas kawin 40.000 dirham. Darinya ia dikaruia dua anak yang bernama Zaid bin Umar dan Ruqayah binti Umar.
    Disaat Umar meninggal, said bin As memberanikan diri melamar Ummu Kultsum, tetapi karena tidak disetujui oleh Husein, saudaranya, ia membatalkannya. Setelah itu ummu Kultsum kemudian menikah dengan anak pamannya, Aun bin jafar. Dan ketika Aun bin Jafar meninggal, ia menikah dengan sauadara Aun, Muhammad bin Jafar.
     Ummu Kultsum meruapakan anak Ali bin Abi Thalib yang menyaksikan ayahnya dibunuh oleh Ibn Muljam.
     Ia meninggal bersamaan dengan anaknya disiang hari. Ini terjadi saat terjadi kerusuhan di tengah0tengah Bani Addi bin Ka’ab. Saat itu anaknya, Zaed berusaha untuk mendamaikan kericuhan tersebut. Tetapi kemudian zaed mendapat keroyokan, yang kemudian didekap oleh ibunya, Ummu Kulstum, dan ia kemudian meninggal bareng bersam anaknya, Zaed.

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda