ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > SAHABAT NABI > Istri & Keluarga Nabi > Ummu Habibah

 
 
 
 
 
 
 
 

Ummu Habibah

 
UMMU HABIBAH (25 SH- 44 H)
 
        Ummul mu’minin (ibu orang beriman), istri Nabi Muhammad SAW, putra dari Abu Sufyan, salah seorang tokoh anti Islam.
        Nama Ramlah binti Shakhar bin Harb bin Umayah. Ia merupakan putrid dari Abu Sufyan dan saudara dari Muawiyah bin Abu Sufyan. Lahir tahun 25 sebelu hijrah. Ia adalah putri dari Abu Sufyan yang masuk Islam, dan termasuk yang mula-mula masuk Islam. Ia termasuk wanita Quraisy yang tutur katanya terkenal fasih dan memilki ideide yang cemerlang.
      Ia bersama suaminya, Ubaidillah bin Jahsin, termasuk yang mula-mula masuk Islam, yang ikut hijrah ke Habasyaah pada gelombang kedua. Di Habasyah suaminya masuk agama nasrani dan meninggal dalam keadaan agama nasrani, sementara ia tetap beragama Islam.
     Rasulullah mengutus utusan untuk menemuinya dalam rangka untuk menikahinya. Beliau meminta agar Najasyi (raja Ethiopia) menyelenggarakan akad nikah untuk beliau dengan wali Khalid bin Sa’id bin Ash. An Najashi menyerahkan mas kawin 400 dirham atas nama nabi. Pernikahan ini berlangsung paa tahun 7 H, saat itu Ummu Habibah berumur 37 tahun.
      Ia merawikan 65 hadits dari Nabi. Diantara perawinya adalah: Urwah ibn Zibair, Musalim bin Sawar, Zainab binti Abi Salamah, dan lainya. Ia meninggal di Madinah pada tahun 44 H.

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda