ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > SAHABAT NABI > Istri & Keluarga Nabi > Shafiyyah binti Huyai

 
 
 
 
 
 
 
 

Shafiyyah binti Huyai

 
SHAFIYYAH BINTI HUYAI (w. 50 H)
 
       Ummul mu’minin (ibu orang beriman), istri nabi Muhammad SAW yang masih keturunan Nabi Harun.
       Nama Shafiyah binti Huyai bin Akhthab. Ia adalah putri pemimpin Yahudi bani Qauraidzah, Huyai bin Akhthab, dan termasuk keturunan Harun bin Imran, saudara Nabi Musa AS. Pada awalnya ia menikah dengan Salam bin Musykam, tetapi Salam menceraikannya. Ia kemudian menikah lagi dengan Kinanah bin Rubai’, dan Kinanah gugur dalam perang Khaibar melawan kaum muslimin.
      Ia termasuk salah seorang dari tawanan perang khaibar (yang ayah dan suaminya meninggal dlam perang itu) dan menjadi bagian Dihyah al Kalbi. Rasulullah memberikan kepada Dihyah tawanan lain. Rasulullah memberikan tawran kepada Sofiyah antara memilih masuk Islam dan dinikahi Rasulullah atau tetap beragama Yahudi dan dibebaskan. Sofiyah memilih masuk Islam dan dinikahi Nabi.
      Nabi menikahi Sofiyah ketika pulang dari Khaibar menuju Madinah. Pada awalnya ia menolak digauli nabi, karena merasa ada orang diluar. Maka nabi keluar tenda, yang diadapinya sahabat, Abu Ayyub lagi berjaga-jaga diluar tenda, yang mengkhawatirkan nabi karena Bapak dan suami Sofiyah terbunuh dalam perang tersebut.

  Ia merawikan 10 hadits dari nabi. Ia meninggal di Madinah pada tahun 50

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda