ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > SAHABAT NABI > Istri & Keluarga Nabi > Khadijah

 
 
 
 
 
 
 
 

Khadijah

 
KHADIJAH (68 SH-      H)
 
     Istri pertama Nabi Muhammad SAW, yang digelari ummul mu’minin (ibunya orang-orang beriman). Ia adalah wanita terpandang dan kaya, yang memiliki kekayaan yang berlimpah yang dinvestasikan dalam perdagangan.
     Nama Khadijah binti Khuwailid bin Asad bin Abd al ’Uzza, dan dipanggil Ummu Hindun. Lahir di Mekah pada 68 sebelum hijrah. Ia pada masa jahiliyah dipanggil Ath Thahirah (wanita suci) karena senantiasa menjaga kehormatanm\ dan kesucian dirinya.
     Sebelum menikah dengan nabi, Khadijah menikah dengan ’Atiq bin ’Abid. Dari pernikahannya dikaruniai seorang anak perempuan, yang dinamai Hindun. Sehingga ia kemudian dipanggil Ummu Hindun. Setelah Atik meninggal ia menikah dengan Abu Halah at Tamimi. Dari perkawinan dengan Abu Halah ia diakruniai satu anak lakilaki dan satu anak perempuan.
     Nabi Muhammad menikah dengan Khadijah, pada saat khadijah umur 40 tahun, sedang nabi pada usia 25 tahun. Dan yang meminangkan khadijah untuk nabi, adalah pamannya, Hamzah bin Abdul Muthalib.
     Ia meninggal di Mekah pada tahun 3 sebelum hijrah, dimakamkan di kota Hujun. Rasul ikut jenazahnya. Karena cobaaan yang bertubitubi, maka tahun itu disebut juga tahun kesedihan (’am al Huzan).
      Dari perkawinan Nabi Muhammad dengan khadijah dikaruniai 6 orang anak, yaitu Abdullah, Qasim, zainab, ruqayah, Ummu Khulsum, dan Fatimah
 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda