ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > SAHABAT NABI > Istri & Keluarga Nabi > Juwairiyah binti Harits

 
 
 
 
 
 
 
 

Juwairiyah binti Harits

 
JUWAIRIYAH BINTI HARITS (15 SH-56 H)
 
        Ummul mu’minin (ibu orang beriman), salah seorang istri nabi Muhammad SAW.
      Nama Juwairiyah binti Harits bin Abi Dhirar al Khaza’iyah. Lahir pada tahun 15 sebelum hijrah. Pada awalnya ia bernama Barrah, tetapi kemudian nabi menamainya dengan Juwairiyah. Sebelum menikah dengan nabi, ia  menikah denga Musafi’ bin Shafwan, tetapi suaminya gugur dalam perang Al Muraisi’ pada tahun 6 H.
      Ia termasuk tawanan perang Bani Musthaliq. Ia termasuk bagian yang diperoleh Tsabit bin Qais.  Tsabit mensyaratkan 9 uqiyah agar ia dapat bebas. Kemudian ia memita bantuan kepada rasulullah untuk membebaskannya. Beliau menawarkan untuk mengawini dan embebaskannya, Juwairiyah setuju. Beliau memberinya mas kawin sebesar 400 dirham, pada saat itu Juwairiyah berusia 20 tahun.
     Setelah kaum muslimin mengetahui nabi mengawini Juwairiyah, merekapun membebaskan seluruh wanita yang tertawan dalam perang Bani Musthaliq (yang tertawan lebih dari 100 orang), dengan maksud agar kerabat rasulullah terbebas dari perbudakan.
      Juwairiyah pernah menuanaikan umrah dan haji bersama Nabi. Ia juga menghapal, memahami dan merawikan hadits. Ia merawikan 7 hadits dari nabi yang terdapat di dalam kitab Kutub as Sittah (6 buku hadits standar). Diantara perawinya antara lain: Ibn Umar, Ubaid bin Sibaq, Thufail, Mujahid bin Jubair, dan lainnya.
     Ia meninggal pada tahun 56 H dalam usia 65 tahun, dan jenazahnya dishalati oleh Marwan bin Hakam.
     

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda