ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > PENYAIR & BUDAYAWAN > Penyair > Imaduddin Al Asfahani

 
 
 
 
 
 
 
 

Imaduddin Al Asfahani

IMADUDDIN AL ISFAHANI (519-589 H/ 1125- 1193 M)
Penyair& Pengarang
 
    Seorang penyair dan pengarang yang mendalami ilmu fiqih, hadits dan syair dari Universitas Nizamiyah.
     Nama Abu Abdullah Muhammad bin Abdullah. Lahir di Kairo, dari keluarga intelek dan pejabat Seljuk. Kakeknya adalah penghapal syair-syair Arab. Pamannya, Abu Nasir Ahmad al mustanti, yang terkenal dengan anama Al Aziz, adalah penyair yang fasih dan mentri pada masa sultan Mahmud bin Muhammad bin malik Syah, yang menggariskan undang-undang kementrian. Ayahnya, Syafiyuddin, adalah aktifis sosial yang kerap ditangkap dan dipenjara. Dan dari pihak ibu, kakeknya juga m,erupakan pembesar istan Seljuk.
     Sebagai keluarga pejabat, ia sudah mendapat pendidikan yang memadai. Pada usia 16 tahun ia menghadiri majelis Abu Abdsullah sdan Abu al Qosim, kesduanya perawi   hadits shahih muslim tingkat pertama. Ia juga sering menghadiri majelis Ibnul Ukhuwah al baghdadi, seorang pendatang dari baghdad (dalam bahasa arab).
    Dan setelah keluar dari penjara ayahnya kemudian membawanya ke Baghdad,. Disini ia belajar di madrasah Nizamiyah yang terkenal,                                
    Ia memangku jabatan dalam pemerintahan Abbasiyah. Tetapi ketika terjadi kerusuhan di Baghdad   ia pindah ke Damaskus. Disini ia kemudian bekerja di istana sultan Nuruddin dan Salahuddin. Setelah sultan salahuddin meninggal (w. 589 H/ 1193 M), ia menekuni dunia keilmuan dan menulis buku, di kediamannya, Damaskus, hingga meninggal. Ia menulis 2 buah buku khusus tentang salahuddin Al Ayubi.
 
Karya
  • Kitab Kharidah al Qashr wa Jaridah al Ashri, yang berisi kesusastraaan berbagai negeri muslim.   Ia kemudian menyempurnakan kitabnya dalan adz Dzail atau lengkapnya As Sair ‘ala adz Dzail.
  •  Kitab Nushrah al fatrah wa al Asrah al Qatrah.
  •  Al Barqu asy Syam
  •  Utabaz Zaman fi Uqbah al Hadtsat
  •  Nihlah ar Rihalah wa Rilyah   al Uthlah
  • Khutfah al Bariq wa usthfah asy Syariq
  •  Al barq as Syami, tentang salahuddin al Ayubi.
  •  Al fath al Qasi fi Fath al Qudsi. Tentang Salahuddin al Ayubi. Buku ini lebih populer yang memaparkan tentang persiapan-persiapan menjelang perang Hithin melawan pasukan salib tahun 1187 dan diakhiri  dengan catatan peristiwa wafatnya sultan salahuddin. Buku ini pertama kali diterbitkan di London (1888 M)
  •    Ia juga menterjemahkan kitab Al Kimiya al sa’adah karya Imam Al Ghazali ke dalam bahasa Persia.
(Adeng Lukmantara collection)
Referensi

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda