ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > PENYAIR & BUDAYAWAN > Ahli Musik > Ziryab

 
 
 
 
 
 
 
 

Ziryab

 

ZIRYAB (w. 857 M)
 
   Seorang penyanyi (ahli musik) asal Irak (Bagdad) yang pindah ke Andalusia, tempat dimana ia mengalami puncak kepulerannya. Ia mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam gaya hidup mewah di Andalusia (Spnayol abad 9 M)
       Nama Abu Al Hasan ‘Ali ibn Nafi’, yang digelari Ziryab (yang berarti si burung hitam / black bird), suatu gelar penghormatan atas kebolehannya dalam bernyanyi dan perwatakannya. Ia dibesarkan di Baghdad dan mempelajari lagu dari Ibrahim Al Mausuli, kemudia kepada putra Ibrahim, yaitu Iswhak Al Mausuli (keduanya, ayah dan anak penyanyi istana dinasti Abbasiyah di Baghdad). Ia pernah menjadi penyanyi di istana Harun Ar Rasyid, tetapi konon karena ketenarannya, sang guru merasa cemburu, sehingga ia kemudian pergi ke Andalusia (Spanyol) dan mengabdi kepada dinasti Umayah disana.
      Kepopulerannya di Spanyol (Andalusia) mulai bersinar ketika khalifah Abdurrahman II (Abdurrahman bin Hisyam) naik tahta menjadi khalifah Bani Umayah di Cordoba pada tahun 822 M. Ia mengumpulkan para intelektual dan jug ahli musik untuk menampilkan keahliannya. Dan yang pertama tampil adalah Ziryab, yang terkesan dan kemudian menggajinya dengan gaji yang sangat mewah.
     Di Cordoba, Ziryab menciptkan bentuk musik baru, dia memperkenalkan lute kepada spanyol, dan menambah julatnya (dengan menambah tali ke5).

 

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda