ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > PENYAIR & BUDAYAWAN > Ahli Musik > Ishaq al Mausuli

 
 
 
 
 
 
 
 

Ishaq al Mausuli

 
ISHAQ AL MAWSHULI (767-850 M)
Ahli Musik
 
   Seorang ahli musik klasik terbesar dalam sejarah Islam dan seorang penyanyi yang paling dikenal pada zaman Abbasiyah. Disamping itu, ia juga seorang penyair, ahli bahasa, ahli fiqih dan pengarang (40 buku), yang sebagian ditulisnya dalam bidang musik dan sastra.
    Nama Ishaq ibn Ibrahim al Mausuli an Nadhim. Khalifah Harun Ar Rasyid adalah khalifah yang pertama mendekati dirinya, kemudian diikuti oleh khalifah-khalifah berikutnya : Al Amien, Al Ma’mun, Al Mu’tashim, Al Watsiq dan Al Mutawakil.
    Meskipun bukan ahli dalam teori musik, seperti halnya Al Kindi dan Al Farabi, tetapi ia berjasa dalam melestarikan lagu-lagu lama. Menurut Abu Al Faraj al Asfahany, Ishaq-lah yang membetulkan jenis dan aliran musik, serta membedakan antara satu dengan lainnya. Suatu pekerjaan yang tidak mampu dilakukan oleh orang lain sebelum dan sesudah dirinya. Suara Ishaq juga menurut Abu al Faraj, tidak sebagus suara para penyanyi dizamannya. Tetapi dengan kepandaian, kelembutan dan pengetahuannya, ia dapat mengalahkan dan mengungguli mereka. Khalifah Al Watsiq berkata :” Ishaq tidak pernah menyanyikan lagu untukku kecuali aku menyangka bahwa karenanya kerajaanku semakin bertambah.”
      Abu Al Faraj, dalam kitabnya Al Aghani secara khusus mengulas tentang kehidupan Ishaq sebanyak 170 halaman.

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda