ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > PENGUASA & NEGARAWAN > Turki Seljuk > Alp Arsalan

 
 
 
 
 
 
 
 

Alp Arsalan

 
ALP ARSALAN (425-465 H/ w. 1072 M)
 
        Penguasa kedua Turki Seljuk, yang berkuasa dari tahun 1063-1072. Ia merupakan pemimpin militer Seljuk yang besar, yang mengalahkan raja Byzantium, Diogenes, dan membuka Anatolia untuk daerah tempat tinggal bagi bangsa Turki.
     Nama Muhammad bin Daud Ja’fari Beik bin Mikhail bin Saljuk at Turki, dan terkenal dengan nama Alp (Alab /Aleppo) Arsalan. Ia berkuasa atas nama khalifah Abbasiyah di Baghdad. Wilayah kekuasaannya membentang luas dari wilayah disekitar Sungai Tigris  hingga pedalaman Syam.
     Ia dapat memenangkan pertempuran Maladzakard pada tahun 463 H melawan pasukan gabungan Romawi, rusia, Bajnak, Karg dan lain-lain, yang berjumlah sekitar 100000 pasukan, yang dipimpin oleh Armanos. Karena pasukannya berjauhan, Alp akhirnya hanya dapat mengumpulkan sekitar 15000 pasukan berkuda. Tetapi dengan semangat yang tinggi akhirnya pasukannya dapat mengalahkan pasukan Romawi dan dapat menawan raja Romawi. Kaisar Romawi kemudian dibebaskan dengan 3 persyaratan: membebsakan seluruh prajurit Islam yang tertawan di Romawi, raja menebus dirinya dengan uang jaminan, dan melakukan perdamaian selama 50 tahun.
    Alp Arsalan ini memilih wazir (perdana mentri) yang sangat masyur sebagai pendampingnya, Nizam al Mulk. Nizam ini terkenal sebagai administrator yang sangat cakap. Ia juga mendirikan 2 universitas di Baghdad dan di Nisyapur, kedua universitas itu kemudian terkenal dengan Nizamiyah. Sang perdana mentri ini juga yang mengangkat Al Ghazali, tokoh tasauf yang mumpuni sebagai rektornya. Ia juga memberikan tunjangan kepada intelektual ternama, umar Khayyam, sehingga Umar bebas menulis syair-syairnya tanpa diganggu oleh kesulitan penghidupannya.
      Ia meninggal dibunuh oleh Yusuf al Khwarizmi, salah seorang pegawainya, pada usia 40 tahun. Jenazahnya dikuburkan di Ray disamping ayahnya. Ia mempunyai 7 putra dan 2 putri.
 
 by  Adeng Lukmantara
Referensi: lihat  daftar pustaka
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda