ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > PENGUASA & NEGARAWAN > Dinasti Umayah di Andalusia (Spanyol) > Abdurrahman III

 
 
 
 
 
 
 
 

Abdurrahman III

 
ABDURRAHMAN III (AN NASIR) (891-961 M)
 
    Penguasa Andalusia /Spanyol Islam yang paling berbakat dan cakap dari dinasti Umayyah. Dialah yang menciptakan masa ketenangan dan kemakmuran, disamping berkembangnya ilmu pengetahuan, seni, perdagangan dan industri yang tak pernah tercapai sebelumnya.
    Nama Abdurrahman bin Muhammad bin Abdullah, dan bergelar An Nasir (pemenang). Ayahnya dihukum mati oleh kakeknya karena dianggap melakukan suatu kejahatan yang besar, ketika ia berusia 3 tahun, karena itu ia dibesarkan dengan penuh kasih sayang oleh kakeknya, raja Abdullah.
    Ia menggantikan kakeknya, Abdullah pada usia 22 tahun. Penobatan Abdurrahman muda pada tahun 912 M, dielu-elukan oleh kerabat dan masyarakat luas. Dia dianggap sebagai pemberi harapan masa depan yang cerah bagi negara, dan dianggap sebagai penyelamat kekaisaran Bani Umayah yang kusut.
    Pada mulanya ia menjadi emir Cordoba (912-929 M), tetapi pada tahun 929 ia menyatakan dirinya sebagai khalifah atau pemimpin umat Islam yang sah, yang memerintah hingga tahun 961 M.
   Tugasnya yang pertama adalah bagaimana menentramkan negara yang kacau balau akibat serangan dari negara-negara kristen yang slalu berkomplot untuk menyerang kekuatan Islam yang sedang tumbuh. Ia bertindak tegas terhadap kaum pemberontak yang tidak mau berkompromi.
     Dalam waktu kurang dari 3 bulan, ia telah menaklukan provinsi Elvira dan Jaen, puri-puri yang kuat direbutnya, bahkan dataran tinggi Siera nevada dapat dibersihkan dari penyamun. Pada tahun 928 Bobastro direbut dan Serrania akhirnya ditenangkan. Ia kemudian mengalihkan ke utara, Babadoz dan Toledo takluk setelah pengepungan yang lama
     Ia meninggal dan dimakamkan di Al cazar Cordoba. Ia mempunyai anak, antara lain: Abdul Malik, Ubaidillah, Al Hakam, Al Mughny, Sulaiman, Abdul Jabar.
 
by: Adeng Lukmantara
referensi

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda