ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > PENGUASA & NEGARAWAN > Dinasti Umayah di Andalusia (Spanyol) > Abdurrahman I

 
 
 
 
 
 
 
 

Abdurrahman I

 

ABDURRAHMAN 1 (AD DAKHIL) (mp. 788-796 M),
 
      Pendiri ke-emiran dinasti Umayah di Cordoba. Ia adalah salah seorang pangeran (bangsawan) Bani Umayah yang selamat dari kudeta oleh Bani Abbasiyah, dan masuk ke Andalusia (spanyol), sehingga ia kemudian  dijuluki Ad Dakhil, berarti yang masuk.
      Nama Abdurrahman bin Muawiyah bin Hisyam bin Abdul Malik. Setelah dapat menggulingkan penguasa terakhir Umayah yang telah berkuasa selama 90 tahun, orangorang Abbasiyah kemudian mengeluarkan perintah pada tahun 750 M, untuk mengikis habis orang-orang yang ada kaitannya dengan dinasti Umyah. Hanya segelintir orang umayah yang selamat, diantaranya adalah Abdurrahman, yang dapat melarikan diri dari Irak. Ia mengarungi gurun Syiria menuju pelestina, kemudian menyebrangi gurun Sinai Mesir, melewati beberapa wilayah afrika untuk menuju Andalusia (Spanyol), suatu daerah yang ditaklukan oleh moyangnya, dinasti Umayah.
       Ia memasuki Andalusia hanya diikuti oleh sekitar 400 budak yang setia kepada bani Umayah. Ia mendarat di Andalusia pada tahun 755 M, dan kemudian dapat mengalahkan penguasa Andalusia, Yusuf Al Fihri pada pertempuran Musarah (maret 756 M). Dan sejak itu ia kemudian menjadi emir di Cordoba.
      Setelah ia berkuasa, ia dapat memadamkan pemberontakan dari Al Yamayiun dan kaum barbar. Ia juga dapat menahan pasukan Al Mansur dari Baghdad. Sedangkan dari utara, amcaman datang dari Prancis (era Carlemagne) yang siap menghancurkan Andalusia. Mereka sudah menyebrangi gunung Braws, tetapi kemudian mengurungkan niatnya karena kekacauan yang terjadi dinegrinya.
      Pada masa kekkuasaannya, Abdurrahman mulai menata angkatan perangnya dengan teratur. Ia membangun angkatan laut, yang termasuk pertam,a kali di Andalusia Islam, yang dipimpin oleh Abdurrahman Al Tsalits. Armada ini kemudian menjadi armada perang laut terkuat di barat dan di laut tengah.
 
by: Adeng Lukmantara
Ref:

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda