ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > PENGUASA & NEGARAWAN > Dinasti Umayah di Andalusia (Spanyol) > Abdullah bin Muhammad

 
 
 
 
 
 
 
 

Abdullah bin Muhammad

 

ABDULLAH IBN MUHAMMAD (w. 912 M)
   
   Amir Cordoba ke- 7 dari dinasti Umayah. Ia berkuasa antara tahun 888-912 M. Ia dianggap sebagai salah satu penguasa Umayah terlemah di Andalusia dan ia berkuasa atas ibukota Cordoba dan daerah sekitarnya saja.
    Abdullah adalah orang yang tidak berbakat dalam pemerintahan. Ia lebih tertarik pada berburu, sehingga keamiran Cordoba mengalami kemunduran, dan daerah-daerah kekuasaanya banyak direbut oleh penguasa-penguasa dsan panglima-anglima setempat, diantaranya kota kedua terbesar, Sevilla, jatuh ke tangan Ibrahim bin Al Hajjaj.
  Ia juga dianggap sebagai penguasa yang kejam, yang tideak segan-segan menyingkirkan orang-orang yang dianggap sebagai ancaman, termasuk keluarganya sendiri. Ia memerintahkan hukuman mati terhadap 2 orang saudaranya, dan memerintahkan anaknya, Al Mutarrif untuk membunuh saudaranya sendiri (anaknya Abdullah dan ayah dari Abdurrahman III), Muhammad. Walaupun Al Muttarif melakukan perintah ini, beberaa tahun berikutnya   iapun dihukum mati atas tuduhan penghianatan.
 
 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda