ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > PENGUASA & NEGARAWAN > Dinasti Abbasiyah > Al Musta'sim billah

 
 
 
 
 
 
 
 

Al Musta'sim billah

 
AL MUSTA’SIM BILLAH (609-     H/ 1213-1258 M)
 
    Penguasa (Khalifah) terakhir dinasti Abbasiya di Baghdad, yang berkuasa dari tahun 1242 M hingga kejatuhannya akibat serangan tentara Mongol pada tahun 1258 M.
     Nama Abdullah bin Al Mustashir Billah, dan bergelar Abu Ahmad. Lahir pada tahun 609 H / 1213 M dan meninggal pada 20 Februari 1258 M. Ibunya, mantan budak yang bernama Hajar. Ia dikenal sebagai sosok yang pemurah, penyabar dan soleh.Ia naik tahta menggantikan ayahnya, Al Mustashir billah, yang meninggal.
     Pada tahun 1258 M, kekuasaanya yang hanya mencakup Irak dan Syuriah diserang oleh bangsa Mongol dibawah pimpinan Hulagu Khan ()cucu jengis khan). Seluruh keluarga khalifah dibunuh kecuali satu orang yang ditahan di Mongolia (disana konon ia menikah dan mempunyai anak, tetapi tidak mempunyai peran apa-apa).
      Serangan Mongol pada tahun 1258 M mengakhiri kekuasaan dinasti Abbasiyah di Baghdad, dan berakhirnya Baghdad sebagai kota ilmu pewngetahuan, karena buku-buku hasil karya peradaban Islam yang beratahun-tahun banyak yang dibakar dan dihancurkan.

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda