ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > PENGUASA & NEGARAWAN > Dinasti Abbasiyah > Al Amin,

 
 
 
 
 
 
 
 

Al Amin,

 
 
AMIN, Khalifah (787-813 M)
 
    Khalifah ke-6 dari dinasti Abbasiyah, di Baghdad. Ia menggatikan ayahnya (Harun al rasyid) sebagai khalifah pada tahun 809, dan berkuasa hingga ia terbunuh pada tahun 813 M.
    Nama Muhammad bin Harun al rasyid, dan bergelar Al Amin. Dalam suksesi, harun Ar rasyid memutuskan pergantian kekuasaan putranya selama haji di Mekah, Al Amin akan menerima jabatan sebagai khalifah dan Al Ma’mun akan menjadi gubernur Khurasan di Persia timur, dan setelah Al Amin meninggal, menurut keputusan Harun, sabagai penggantinya adalah Al Ma’mun.
Setelah Harun meninggal ada tahun 809 M, Al Amin kemudian dibaiat sebagai khalifah. Setelah berkuasa, Al Amin kemudian mengumumkan putranya, Musa, yang akan menggantikannya ketika ia meninggal. Hal ini menyebabkan perang saudara. Lebih lanjut permusuhan diantara ara saudara tersebut digerakan oleh para ibu mereka masing-masing.
     Al Ma’mun yang ibunya berasal dari persia dan jabatannya sebagai gubernur militer Khurasan,  menerima dukungan dari persia. Penduduk dataran tinggi Iran bersatu mendukungnya, dibawah jendral terpercaya, Thahir bin Husain (w. 822 M), memimpin pasukannya ke Irak.
   Karena terdesak, Al Amin memohon ibunya, Zubaidah, menengahi pergantian kekuasaan dan memperjuangkan maksudnya. Tetapi Zubaida menolak untuk melakukannya, dan akhirnya Al Amin mengundurkan diri pada tahun 813 M. Tetapi Jendral Thahir bin Husain dapat menguasa Baghdad, dan memenggal Al Amin ada tahun itu.
 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda