ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > PENGUASA & NEGARAWAN > Dinasti Abbasiyah >  Al mu'tadhid

 
 
 
 
 
 
 
 

 Al mu'tadhid

AL MU’TADHID (857-902 M)
 
       Penguasa (khalifah) Abbasiyah ke-16, yang berkuasa antara tahun 892 hingga 902 M, menggantikan Al Mu’tamid (w. 892 M).
      Sebelum diangkat menjadi khalifah, ia sudah memiliki kekuasaan yang tinggi, sehingga ketika ia berkuasa ia dapat mengatur pemerintahannya dengan baik. Pada masanya Mesir kembali ke pangkuan khilafah.
      Di Mesoatania, sang khalifah dan putranya sudah lama memerangi kaum Khawarij. Diujung kawasan ini yang sudah lama gonjang-ganjing, sebagian karena pemberontakan, sebagian karena persaingan antara Mesir dan para jendral negeri.
      Al Mu’tadid adalah penguasa pemberani dan energik. Ia juga begitu toleran terhadap masyarakat syi’ah yang dibuktikan dengan hadfiah besar kepada mereka dari pangeran Tabaristan. Ia tidak menunjukan sikap yang tak menyenangkan, seperti yang dilakukan pendahulunya. Tetapi terhadap Bani Umayah, ia memerintahkan Bani Umayah dicela di do’a umum dan melarang semua sebutan yang memuji mereka di debat-debat kelompok agama. Tetapi kemudian ia menarik titah tersebut.
      Ia meninggal setelah memerintah negaranya yang makmur selama 10 tahun, dan kekuasaan diteruskan oleh anaknya, Al Muktafi, putranya dari istrinya yang berasal dari seorang budak Turki.

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda