ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > PENGUASA & NEGARAWAN > Dinasti Abbasiyah >  Al Mutawakil

 
 
 
 
 
 
 
 

 Al Mutawakil

AL MUTAWAKIL (847-861 M)
 
      Penguasa (khalifah) dinasti Abbasiyah di Baghdad ke-10, yang berkuasa dari tahun 847 hingga 861 M.
     Nama: ja’far Al Mutawakil, adalah putra dari Al Mu’tasim Billah (mp. 833-842 M), dari seorang wanita Persia. Ia menggantikan saudaranya, A watsiq (mp. 842-847 M), yang terkenal menyelenggarakan mihnah.
     Pada masa Al Mu’tawakil pengaruh mu’tazilah mulai berkurang, dan masalah kemakhlukan Al Qur’an berakhir.
     Al Mutawakil terus mengandalkan negarawan Turki dan pasukan budak untuik meredam pemberontahan dan mengahadapi Byzantium. Wazirnya Al fath ibn Khaqan, adalah seorang tokoh Turki yang terkenal di masa pemerintahnnya.
      Tetapi kepercayaan pada orang Turki berbalik menghantuinya, dan ia kemudian memerintahkan hukuman mati terhadap panglima tertinggi yang berasal dari Turki. Ia kemudian terbunuh oleh seorang prajurit Turki pada 11 Desember 861 M.
 
Peran
    Khalifah Mutawakil adalah khalifa terbesar terakhir dari dinasti Abbasiyah. Ia melakukan reformasinya yang memihak pada golongan ahlu sunnah, dan mulai meninggalkan golongan kalam mu’tazilah. Sehingga keputusannya kemudian dikenang sebagai kemenangan dari kaum ahli sunnah. Sedangkan dipihak lain, dengan dibubarkanyya kalam mu’tazilah dianggap sebagai awal dari kehancuran intelektual muslim. Karena mulai saat itu kajian-kajian ilmiyah mulai tidak diminati lagi, dan hanya bertahan di era dinasti Hamdaniya, samaniyah dan Buwaihi di periode berikutnya.

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda