ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > PENGUASA & NEGARAWAN > Dinasti Abbasiyah >  Al Mu'tasim

 
 
 
 
 
 
 
 

 Al Mu'tasim

AL MU’TASIM (794-842 M)
 
     Khalifah Bani Abbasiyah di Baghdad yang berkuasa dari tahun 833 hingga 842 M, yang menggantikan saudaranya, Al Ma’mun.
     Nama Abu Ishaq al Mu’tasim bin Harun. Pada masa inilah ghilman diperkenalkan, yaitu prajurit yang diambil dari anak-anak daerah yang ditaklukann,, yang hanya bertanggung jawab terhadap khalifah. zTetapi ghilman yang berasal Turki dan Armenia memnacing kemarahan warga Baghdad, yang memancing huru-hara pada tahun 836 M, dan menyebabkan ibukota dipindahkan dari Baghdad ke Samarah, dan tetap disana hingga masa khalifah Al Mu’tamid memindahkannya kembali ke kota baghdad.
     Pada masanya juga, kesultanan Tahiriyah, yang didirikan oleh Tahir bin Husein, yang berajasa terhadap Al ma’mun (khalifah sebelumnya) di Khurasan mulai mengembangkan kekuasaanya, hingga menerima kegubernuran Samarkan, Farghana dan Herat. Propinsi yang dibawah Thahiriyah ini dibebaskan dari fungsi bayar upeti dan kesalahan. Kekuasaan Thahiriyah inilah yang membuat control kekahlifahan terhadap wilayah timur melemah.
      Al Mu’tasim juga harus menanggulangi Khurramiyyah di daerah Tabriz, yang dipimpin oleh orang bid’ah, Ba’bak. Meskipun tidak pernah seecara penuh ditaklukan, tetapi lambat laun golongan ini melemah pada masa berikutnya.
      Walaupun demikian tentara kekhalaifahan masih tangguh, Pada tahun 837 M, sang khalifah menurunkan ribuan pasukan untuk menyerbu dan melibas   kota Amoria, Romawi. Sebagai jawaban terhadap pelecehan bangsa Romawi terhadap seorang budak muslimah (sekitar 30 ribu terbunuh dan 30 ribu tertawan).
      Al Mu’tasim terkenal juga sebagai salah satu khalifah yang mencintai dan menjadi pelindung para sarjana. Diantaranya: Al Kindi, yang bekerja di bayt al hikmah, juga , dipekerjakan olehnya untuk mengajari putra khalifah.
       Ia meninggal pada tahun 842, dan kemudian digantikan oleh putranya, Al watsiq.

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda