ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > PENGUASA & NEGARAWAN > Dinasti Abbasiyah >  Al Ma'mun

 
 
 
 
 
 
 
 

 Al Ma'mun

AL MA’MUN, Khalifah (170-218 H/ 785-833 M)
 
      Khalifah ke-7 dari dinasti Abbasiyah, yang berkuasa antara 198-218 H / 813-833 M)menggantikan saudaranya Al Amin, yang kalah dalam perebutan kekuasaan.Ia merupakan keturunan bani abbas yang cerdas, kokoh pendirian, cita-citanya tinggi, berpengetahuan dan berpikir logis, pemberani dan juga dermawan.
     Nama Abdullah Abu Abbas bin Harun Ar rasyid al Ma’mun, dan bergelar Al Ma’mun yang berarti Hamba yang di percaya. Ia lahir di baghdad. Ayahnya, Harun ar Rasyid (khalifah ke-5) dan ibunya bernama Marajil, keturunan Persia, yang meninggal ketika melahirkannya.
    Semasa kecil ia sudah mempelajari berbagai ilmu pengetahuan. Diantara guru-gurunya, antara lain: Hasyim, Abid bin Awwam, Yusuf bin Atiah, dan lain-lain.
    Ia mempunyai 3 saudara, yaitu Al Amin (khalifah ke-6, mp 194-198 H/ 809-813 M), Ibrahim dan Al Mu’tasim (khalifah ke-8, mp. 218-228 H/ 833-842 M).
    Pada masa khalifah Al Amin (kakaknya), ia menjadi gubernur (amir) di Khurasan (merv), ibukota Asia tengah waktu itu. Tetapi kemudian memberontak terhadap kakaknya, ketika membatalkan pewarisan kekhalifahan terhadap Al Ma’mun. Al Amin waktu itu mengangkat anaknya sendiri, Musa al Amin, atas saran wazirnya (perdana mentrinya).
 

 

 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda