ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > ARSITEK > Arsitek dalam peradaban islam klasik > Ustadz Ahmad

 
 
 
 
 
 
 
 

Ustadz Ahmad

 
USTADZ AHMAD (Abad 17 M)
    Arsitek Taj Mahal, karyanya ini kemudian menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia, monumen peradaban yang menjagat dan menyejarah.
    Ustadz Ahmad, yang berarti orang yang ahli (ustadz = ahli) suatu sebutan untuk arsitek. Ia berasal dari Herrat Afghanistan. Ia mendapat tugas dari Shah Jehan, kaisar moghul India yang cinta seni, untuk membangun Taj Mahal.

      Taj Mahal ini terletak diibukota kerajaan Moghul, Aqra, yang dianggap sebagai salah satu representasi utama arsitektur dan seni Islam yang fantastik dan paling impresif. Nama bangunan diadopsi dari potongan nama Mumtadz Mahal, sebuah gelar kebesaran yang dianugrahkan kepada Arjumand Begum, prameswari Kaisar Shah Jehan yang meninggal tahun 1631 M di Burhanpur saat melahirkan anak yang ke-14. Enam bulan kemudian setelah pindah ke Aqra, sang kaisar berjanji akan mendirikan sebuah Mousoleum paling indah sebagai cindramata simbol keabadian cintanya pada sang istri.

    Selain mengarsiteki Taj Mahal, ustadz Ahmad pernah bekerja di Benteng Merah (Red Fort) di Delhi, dipuji pula lantaran prestasi arsitekturnya berupa Masjid Agung Delhi, India. Dan namanya kian besar ketika dianugrahi gelar kehormatan Nadhir al Asr atas jasa-jasanya dan buah kreatifnya mengharumkan Islam.
     Bersama Ustadz Ahmad ini disebut juga Ustadz Isa, seorang arsitek berkebangsaan Turki turut mendapat kehormatan melalui keikutsertaannya dalam perencanaan pembangunan Taj Mahal, begitu juga arsitek sejawat mereka Mir Abdul Karim, desainer mousoleum.

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda