ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > ARSITEK > Arsitek dalam peradaban islam klasik > Mimar Kasemi

 
 
 
 
 
 
 
 

Mimar Kasemi

MIMAR KASEMI (1570-1659 M)
 
      Seorang master arsitek kekhalifahan Turki Utsmani (master of Ottoman classical architecture).
     Mimar Kasemi atau Mimar Kasim atau Koca Kasim Aga, lahir di Gramsh Tomorrica, Skrapar di Albania. Ia belajar arsitektur di Istambul, ibukota Turki Utsmani, dari arsitek Turki ternama, Sinan. Setelah meninggalnya kepala arsitek istana Turki Utsmani, Hasan Agha pada tahun 1622 M, ia kemudian diangkat sebagai penggantinya.
     Ia banyak telah membuat kreasi pekerjaan monumental yang orsinil, seperti: Baghdad Kiosk, Devan Kiosk, kiosk infaience dalam istana Toptapi di Istambul. Ia membangun kembali salah satu dari bangunan yang terindah di istana Toptapi, sepectciler paviliun di Sarayburnu. Ia juga membangun pisat perbelanjaan tertutup yang besar di Eminonu yang diselesaikan pada tahun 1660 oleh arsitek Mustafa.
     Ia banyak membangun proyek di Albania, seperti penginapan-penginapan, jembatan, tempat mandi umum dan jalan di Berat, Korce dan lain-lain. Karena terlibat perselisihan, ia kemudian diasingkan ke Gallipoli pada tahun 1644 M. Setealh satu tahun kemudian dimaafkan dan kembali ke istana.
     Kasim aga melampaui lebih dalam bidang puisi dibanding dengan arsitek, yang membantu Koprulu Memed pasa naik jabatan menjadi grand vizier (perdana mentri agung), yang menandai era Koprulu Mehmed dalam sejarah Turki.
     Ia meninggal tahun 1659 M.

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda