ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > ARSITEK > Arsitek dalam peradaban islam klasik > Hasan al Thuluni

 
 
 
 
 
 
 
 

Hasan al Thuluni

 

 

 
HASAN AL THULUNI (1432- 1517 M)
Arsitek
 
   Seorang arsitek terbesar di zaman dinasti Mamluk di Mesir. Dialah penanggung jawab pembangunan gedung-gedung pemerintahan di Kairo.
    Lahir dari keluarga saintis dan arsitek. Kakeknya, Ahmad ibn Thulun, adalah seorang yang terpandang di istana sultan Burquq. Ia meninggal bersamaan dengan sang sultan.
    Disamping keahliannya dalam masalah tekhnik, ia juga seorang peminat terhadap ilmu fiqih, sejarah, sastra musik dan olahraga berburu. Ia pernah berguru kepada As sakawi. Dan As sakhawi mengenalnya sebagai arsitek terbaik dimasanya.
    Pada mulanya ia hanya menangani proyek biasa saja, tetapi ketika Syaifuddin Iynak, mengkudeta sultan Utsman bin Jaqmak (yang hanya berkuasa 1 tahun). Ia dipercaya oleh Iynak sebagai pendidik para arsitek dan penanggung jawab proyek pembangunan benteng dan gedung-gedung lainnya. Jabatan ini ia emban, meskipun kepemimpinan selalu berganti (sultan Ahmad bin Inal, sultan Khasqadam balbaya, Timur Bagha, Khair Bek Qayitabaya, Muhammad bin Qayitabaya). Ia sempat dihentikan ketika pada masa sultan Khair Bek Qayitabaya, tetapi atas usull Amir Yasbak bin Mahdi al Dawadir, ia diangkat lagi.
      Dimasa tuanya ia mengalami kebutaan, karena itu ia kemudian dibebastugaskan dari kepala arsitek, dan digantikan oleh anaknya, Syihabuddin Ahmad.
    Ia hidup hingga tahun 1517 M, dengan demikian ia mengalami penaklukan Mesir oleh sultan Salim dari Turki Utsmani. Dan sultan Salim I membawa para arsitek mesir ke Istambul untuk membangun gedung-gedung seperti halnya di Kairo. Ibn Iyas menceritakan secara konfrehensif biografi para arsitek yang dibawa ke Istambul dalam karyanya Bada’I az Zuhur. 
 

Karya

·         An Nuzhah as saniyah fi Dzikr al Khulafa wa al Mulk al Mishriyah. Buku sejarah kekuasaan Islam di mesir hingga sultan Thuman Baya, penguasa tewrakhir dinasti mamluk.
·         Syarh Muqaddimah Abi Laits
·         Syarh al Jurmiyah

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda