ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > AHLI TASAUF > Penyair Sufi > Fakhruddin al Iraki

 
 
 
 
 
 
 
 

Fakhruddin al Iraki

 
FAKHRUDDIN AL IRAKI (w. 688 H/ 1211-1289 M)
Penyair Sufi
 
     Seorang filsuf Persia, dan penyair sufi (mistikus), dan pemikir tradisi Islam. Ia tergolong sebagai salah seorang penyair Persia terbesar.Iraki terkenal karena sajak-sajaknya yang mendalam. Ia juga banyak menulis sajak-sajak didaktif, uraian singkat tentang puisi dan cinta ilahi.  
     Nama Fakhr al Din Ibrahim, tetapi kemudian terkenal dengan nama Fakhruddin al Iraqi atau Araqi. Lahir di Kamajan, suatu tempat dekat Hamadan.
      Dalam bidang filsaafat, karyanya  merupakan sintesa dari teori dan praktek pengajaran sufi (sufi teaching). Pandangan tasaufnya dipengaruhi oleh Ibn Araby.
     Ia mengarang prosa pendek bahasa Persia klasik, Lama’at, yang ditulisnya setelah menghadiri perkuliahan gurunya, Sadr al Din Al Qunawi (murid Ibn Arabi), tentang Fushush al Hikam karya Ibn Arabi. Karya ini menggambarkan uraian Al Qunawi mengenai ajaran Ibn Arabi secara cermat, padu dan dengan keindahan puitis yang tinggi walau dalam bentuk yang ringkas.
 
Karya
  • Lama’at. Komentar terhadap kitab Al Lama’at ini pertama kali oleh Yar Ali Syirazi, ia menjelaskan terutama dengan banyak mengutip bagian dariAl Qunawi dan Farghani

by: Adeng Lukmantara

Referensi:

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda