ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > AHLI TAFSIR & ILMU AL QUR'AN > Kaligrafer >  Ibn Al Bawwab

 
 
 
 
 
 
 
 

 Ibn Al Bawwab

IBN AL BAWWAB (w. 413 H / 1022 M)
Kaligrafer
 
     Salah seorang kaligrafer terbesar. Ia adalah penemu dan pengembang gaya tulisan kihani dan muhakik dan ia berhasil membentuk madzhab kaligrafi di Baghdad. Ibn Khalikan (sejarawan) menyebut Ibn al Bawwab sebagai penulis yang tiada bandingannya sesudah Ibn Muqlah.
       Nama Abul Hasan Aladin Ali Ibn Hilal, dan terkenal dengan nama Ibn Al bawwab atau Al Sitri, dan sering disebut Ibn Abdul aziz, dengan gelar Abu Hasan. Ia merupakan anak seorang penjaga pintu di istana Baghdad. Ia lahir di Baghdad, tidak diketahui tahun kelahirannya secara pasti, kecuali meninggalnya pada tahun 413 H / 1022 M dan dimakamkan disamping makam Imam Ibn Hanbal di Baghdad.
     Ia telah menyalin 64 buah mushaf Al Qur’an dengan berbagai gaya dan sejumlah naskah, tetapi sebagian besar karyanya hilang atau terbakar.
 
Peran dan Karya
      Ibn Al bawwab namanya terkenal karena penemuan 2 gaya tulisan lain (kihani dan muhkik), selain 6 yng diciptakan oleh Ibn Muqlah. Ia juga mulai menerangkan konsep tulisan secara ilmiyah.
      Dialah yang menambah hakekat makna pada pekerjaan yang dirintis Ibn Muqlah. Tanpa melabrak batas rumus, Ibn Al Bawwab mengemudikan jiwa seni dengan membuat tata tertib yang tersusun rapi dan elok menurut keharmonisan gaya ukur tulisan yang dirancang Ibn Muqlah. Bentuk baru yang penuh keindahan ini kemudin dikenal dengan Al Mansub al Faiq (Mansub yang elok rapi).
 

 

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda