ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > AHLI TAFSIR & ILMU AL QUR'AN > Kaligrafer >  Hafizh Utsman

 
 
 
 
 
 
 
 

 Hafizh Utsman

 

HAFIZH UTSMAN (w. 1111 H / 1698 M)
Kaligrafer
 
      Seorang kaligrafer yang masyhur pada masa kekhalifhan Turki Utsmani.
     Nama Utsman bin ali, dan terkenal dengan nama Hafizh Utsman (karena ia hapal Al Qur’an (hafizh) sehingga orang-orang menggelarinya dengan Al Hafizh). Ia lahir di Astanah, Turki. Ia berjumpa dengan wazir Musthafa Pasha yang mengasuhnya beberapa waktu dan mencintainya , karena tampak padanya bakat menulis indah yang luar biasa. Kemudian Utsman dikirim untuk belajar kepada Ustadz Darwisy Ali (w. 1086 H) yang berjuluk Syekh Hamidullah Kedua, sampai mendapat Ijazah Ta’lim Al Khatt, pada usia yang kurang dri 18 tahun. Setelah itu ia berguru kepada Ismail Affandi, yang melatihnya terus dan mempercantik hasil bakat yang dimilikinya. Sehingga tidak lama sesudah itu, ia menjadi kaligrafer ternama diantara orang-orang seangktannya.
      Hafizh utsman dijuluki sebagai syaikh Hamidullah Ketiga. Ia kemudian terpilih menjadi guru kaligrafi sultan Musthafa Khan II pada tahun 1106 H. Ia mendapatkan kehormatan yang tinggi dari para penguasa, tetapi semuanya itu diterimanya dengan penuh kerendahan hti, zuhud dan ikhlas. Ia menyediakan hari Ahad (minggu) untuk memberi pelajaran gratis kepada orang-orang yang tak mampu.
     Di hari tuanya ia sakit lumpuh, kemudian sembuh dan kembali berhidmat dengan tugasnya, tetapi 3 tahun kemudian ia meninggal pada 1111 H / 1698 M dan dikuburkan di Rabath (pemakaman Musthafa Pasha), setelah bertabur debu pengalaman selama 40 tahun mengajar kaligrafi.
     Hafizh Utsman setidaknya menulis 25 buah mushaf Al Qur’an dan manuskrip lainnya, dan sebagian mushaf tersebut kini tersimpan di Universitas Nur Utsmaniyah. Di perpustakaan Nuruddin Bek Musthafa di Kairo terdapat sejumlah lembaran kulit penuh dengan lukisan kaligrafinya.
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda