ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > AHLI TAFSIR & ILMU AL QUR'AN > Ahli Tafsir > Abu Muslim al Asfahany

 
 
 
 
 
 
 
 

Abu Muslim al Asfahany

 
ABU MUSLIM AL ASFAHANY (254-322 H)
Ahli Tafsir, Negarawan
 
    Seorang pembesar negara di Asfahan, termasuk penulis yang ulung, sangat pandai dalam urusan tafsir dan dalam berbagai ilmu. Ia juga merupakan salah seorang tokoh mu’tazilah.
    Nama : Abu Muslim Muhammad Ibn Baher.   Ia adalah orang yang pertama kali menyusun tafsir Al Qur’an yang lengkap atas dasar dirayat yang benar dan kaidah-kaidah yang kuat sesuai dengan kehendak bahasa. Pendapat-pendapatnya banyak dikutip oleh Fakhruddin Ar Razi dalam menulis tafsirnya.
     Diantara pendapatnya yang cukup menggegerkan sebagian ulama ialah: “ Tidak ada didalam Al Qur’an suatu ayat yang telah di-mansukh-kan, segala ayat yang didakwa mansukh dapat kita tanfikkan, karena itu tidak ada nasikh dan mansukh”.
 
Karya
·         Jami’ut Ta’wil, suatu kitab tafsir yang terdiri dari 14 jilid. Tafsir ini sangat baik susunannya, pentakhihannya, dan bagus uraiannya. Kitab ini tidak berkembang dalam masyarakat, tetapi sari patinya banyak dinukilkan oleh Ar Razi.   Jika mempelajari tafsir Ar Razi, sebagian besar pendapat Asfahani telah dipindahkan Ar Razi dalam kitabnya yang bernama Al Muqtathaf.

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda