ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > AHLI TAFSIR & ILMU AL QUR'AN > Ahli Tafsir > Abdullah Umar al Baidhawi

 
 
 
 
 
 
 
 

Abdullah Umar al Baidhawi

 
AL BAIDHAWI, ABDULLAH UMAR (w. 685 H / 1282 M)
Mufasir, hakim
 
     Abdullah umar Al Baidhawi adalah seorang ulama madzhab Syafi’I, yang mempunyai reputasi tinggi karena berpengetahuan luas dan banyak menghasilkan karya tulis.
     Nama Nashiruddin Abul Khair Abdullah Bin Umar Bin Muhammad Bin Ali. Ia anak seorang hakim agung di Fars (Iran Barat Daya) di bawah Atabeq (gelar pejabat militer Bani Seljuk) Abu bakar bin Sa’d (613-658 H / 1226-1260 M), dan ia sendiri juga seorang hakim di Tabriz (Iran Barat Laut), sampai meninggalnya.
      Karya-karyanya secara umum bukanlah tulisan asli, melainkan berdasarkan tulisan-tulisan para penulis lain. Ia dikenal karena keringkasanya dalam cara memperlakukan berbagai mata pelajaran, tetapi karya-karyanya dianggap cacat karena kurang lengkap dan juga disalahkan karena ketidaksamaan.
 
Karya
  • Anwar At tanzil Wa Asrar At Ta’wil, kitab tafsir berdasar kitab Al Kasysyaf karya Az Zamakhsyary.
  • Al Minhaj fi al Wusul Ila Ilm al Usul, tentang usul fiqih. Buku ini banyak dikomentari oleh beberapa ulama usul fiqih, antara lain: Jamaluddin Abdurrahim bin Hasan al Qursyi al Asnawi (w. 772 H / 1370 M) dengan judul Nihayah al Sul; Taqiyuddin Ali ibn Abdul Kafi as Subki (w. 756 H / 1355 M) dengan judul Al Ibraj fi Syarh al Minhaj; Al Badakhsyi dengan judul Manahij al ‘Uqul atau Syarah Al Badakhsyi.
  • Tawali Al Anwar Min Matali Anzar, tulisannya tentang metafisika.
  • Nizam At Tawarikh, dalam bahasa Persia.

by Adeng Lukmantara

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda