ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > AHLI SEJARAH, GEOGRAFI & ILMU SOSIAL > Ahli Sejarah & Sosiologi > Al Balajuri

 
 
 
 
 
 
 
 

Al Balajuri

 
AL BALAZURI (w. 279 H / 892 M)
Sejarawan
 
     Seorang sejarawan istana pada zaman dinasti Abbasiyah di Baghdad, pada zaman Khalifah Al Mutawakil dan Al Mu’tazz.
     Nama Abu Ja’far Ahmad Bin Yahya Bin Jabir Bin Daud Al Balazuri. Nenek moyangnay berasal dari Persia dan menjadi salah seorang sekretaris Ibnul Khasib di Mesir.
     Lahir di Baghdad pada akhir abad 2 H. Ia menimba ilmu pengetahuan di berbagai kota di Irak, damaskus dan humasy. Di Baghdad ia belajar (ada 4 gurunya) kepada: Ibn Abi Syaibah, Qasim Bin Salam Abu Ubaid, Al Mada’ni (semuanya ahli hadits), Muhammad Ibn Sa’d (Sejarawan dan sekretaris Al Waqidi, seorang ahli sejarah yang terkenal).
     Setelah itu kemudian ia mengembara ke Syiria dan Turki. Di Damaskus (Syiria) ia belajar kepada Hisyam Bin Ammar, Di Homs (Syiria) ia belajar kepada Muhammad Bin Musfi, di Antakia (Pesisir timur laut tengah, kini Turki) belajar kepada Muhammad Bin Abdurrahman Bin Salim.
    Al Balazuri merupakan sahabat dekat khalifah Al Mutawakil (mp. 232-247 H), khalifah Al Mustain Billah, dan sempat mendidik khalifah Al Mu’tazz (mp. 252-256 H), sehingga ia terkenal sebagai sejarawan istana.
      Al baladzuri diakui oleh banyak pihak sebagai figur yang berintegritas dan kritis. Ia tidak puas mendengar riwayat-riwayat sekalipun dari ulama yang paling otoratif di baghdad. Untuk itu ia sengaja melakukan berbagai perjalanan untuk meneliti fakta. Selain itu ia dikenal cermat, dan kritis dalam mengklasifikasikan riwayat-riwayat yang di himpunnya.
     Ia meninggal setelah terserang radang otak yang diakibatkan makan buah Baladzur, karena itu, ia kemudian terkenal dengan nama Al Baladzuri.
 
Karya
  • ·         Kitab Futuh Al Buldan, Buku pembukaan negeri-negeri), yang membahas sejarah ekspansi kaum muslim ke negeri-negeri timur dan barat. Buku ini telah diberi pengantar dan diedit oleh De Geoje (Leiden, 1866) sekitar 538 halaman, termasuk lembar judul tambahan berbahasa latin Liber Expugnationem Regionem. Karya ini telah dicetak beberapa kali di Mesir.
  • ·         Kitab Al Buldan Ash Shaghier (Buku kecil negeri-negeri)
  • ·         Kitab Al Buldan Al Kabir (Buku besar negeri-negeri), buku ini belum selesai.
  • ·         Kitab Al akhbar Al Anshab (Buku sejarah dan silsilah), merupakan buku besar berupa silsilah manuskrip 2464 halaman meliputi sejarah dan silsilah.
  • ·         Kitab Anshab Al Asyraf (Buku silsilah para syarif), yang berisi geneologi para penguasa turunan nabi, yang memiliki jilid yang cukup banyak. Buku ini mewrupakan sejarah biografi yang paling penting pada abad ke-3 H.
  • ·         Ia juga menterjemahkan buku-buku Persia ke dalam bahasa Arab dalam bentuk syair yang berjudul Ahd Ardasyir (Masa Ardasyir).
 

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda