ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > AHLI SEJARAH, GEOGRAFI & ILMU SOSIAL >  Ahli Geografi & Penjelajah > Abu Zaid al Balkhi'

 
 
 
 
 
 
 
 

Abu Zaid al Balkhi'

 

ABU ZAID AL BALKHI (W. 322 H/ 934 m)

pakar geografi & Filsuf

 
      Seorang ahli geografi dan juga filsuf, dan salah seorang murid Al Kindi yang terkenal.
       Nama: Abu Zaid Ahmad ibn Sahl al Balkhi. Ia telah melakukan perjalanan pada paruh pertama kariernya ke Irak, tempat ia menghabiskan waktunya selama 8 tahun dan belajar kepada filsuf, Ibn Ishaq al kindi. Ia kemudian kembali ke daerah asalnya, Balkh, tempat ia menulis secara ekstensif dalam banyak bidang, termasuk filsafat, sains dan topik-topik kesastraan, disamping agama dan teologi.
     Abu Zaid pernah di undang oleh penguasa Samaniyah, Nashr Ibn Ahmad dan wazirnya Abu Abdullah Al jaihani (rekannya dan sama sama ahli geografi), tetapi ia menolak undangan tersebut, dengan alasan enggan menyebrangi sungai Oxus dan lebih memilih tinggal di Balkh.
 
Peran & Pemikiran
 
     Para sarjana modern lebih mengenal Al Balkhi karena karya geografinya. Padahal karya Al balkhi meliputi berbagai bidang. Karyanya, suatu risalah tentang kedokteran dan etika yang berjudul Mashalih al Abdan wa al Anfus, masih ada hingga kini.
     Dalam bidang filsafat, Abu Hayan Al tauhidi dalam karyanya Taqrizh al Jahizh memuji Al Balkhi sebagai seorang yang istimewa dalam mengkombinasikan filsafat dan hukum (syari’at).
      Sebagai murid Al kindi, ia merupakan penerus ajaran sang guru (Al Kindi). Warisan Al Kindi dan Al balkhi kemudian diteruskan oleh 2 murid Al balkhi yang terkenal, yaitu: Ibn Farighun (tidak jelas asal usulnya) pengarang kitab Jami’ al Ulum, dan Al Amiri, seorang filsuf.

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda