ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > AHLI KEDOKTERAN > Ahli Kedokteran > Abdul Latif al Baghdady

 
 
 
 
 
 
 
 

Abdul Latif al Baghdady

 
ABDUL LATHIEF AL BAGHDADY (1162-1231 M)
Dokter, ahli anatomi
 
      Seorang dokter, ahli anatomi ternama yang mengembangkan studi pertulangan, ahli sejarah dan jua sastra dari Irak. Ia juga menonjol dalam bidang nahwu, bahasa dan ilmu kalam.
      Nama Abu Muhammad Abdul latif bin Yusuf bin Muhammad al Baghdady, dan terkenal dengan nama Abdul Latif al Baghdadi. Ia lahir dan meninggal di baghdad. Ia banyak melakukan perjalanan panjang dengan mengunjungi Mosul, Damaskus dan Mesir, kemudian ke Yerusalem, tempat ia bergabung dalam sebuah kelompok studi. Selama beberapa tahun ia mengajar filsafat dan ilmu kedokteran di Kairo dan Damaskus, dan kemudoian ke Allepo untuk mengajar disana.
      Ia menulis buku sekitar 116 buah judul (ada yang mengatakan 173 buah buku) yang mencakup dalam bidang geograpi, kedokteran, bahasa, fiqih, kritik sastra, ilmu hewan, ilmu tauhid, pendidikan, sejarah, sains, matematika’ poendidikan, galian, filsafat dan kalam / ketuhanan..
 
Peran dan Pemikiran
      Dalam bidang kedokteran, namanya masyhur sebagai ahli anatomi terkemuka, bahkan sebagai ahli anatomi pertama yang memberi deskripsi lengkap dan akurat tentang tengkorak kepala manusia dan tulang muka, termasuk tulang rahang bawah.
    Disamping itu, ia banyak pula mengembangkan studi tentang pertulangan pada umumnya. Ia juga berhasil menyempurnakan teori Galenus tentang tulang bawah dan tulang yang menghubungkan tulang punggung dan tulang kaki.
 
Karya
  • Account of Egypt. Buku ini oleh para peneliti dinyatakan sebagai karya topografi terpenting abad pertengahan, yang berpengaruh terhadap Az zamakhsyary dalam bukunya Kitab al amkinah wa al Jibal wa al Miya), serta Yaqut (pengarang Mu’jam al Buldan, demikian juga Al kazwini dalam aja’ib al Buldan.
by: Adeng Lukmantara
Referensi:

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda