ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > AHLI ILMU KALAM (TEOLOG) > Ahli Ilmu Kalam Mu'tazilah > Al Ka'bi

 
 
 
 
 
 
 
 

Al Ka'bi

 
 
AL KA’BI, ABU QOSIM AL BALKHI (w. 319 H / 931 M)
Teolog Mu’tazilah
 
      Abul Qosim al balkhi al Ka’bi adalah seorang pemikir terpenting mu’tazilah cabang Baghdad. Ia mempunyai reputasi sebagai teolog, tetapi pengaruhnya yang besar terdapat di khurasan dan Transoxiana (perbatasan timur laut kekuasaan Islam). Disana ia menghabiskan sisa hidupnya dengan mengajar para mutakalimun madzhab Baghdad, dan ajarannya terkenal denan nama Al ka’biyah.
     Nama Abu al Qasim Abdullah bin Ahmad al Balkhi al Ka’bi. Nama al ka’bi diambil dari nama kabilah Bani Ka’ab. Sedang al balkhi adalah salah satu kota di Khurasan, Balkh.
     Ia berguru kepada Abu al Husain ibn Abu Umar al Khayyath, seorang tokoh mutazilah terkenal. Ia kemudian memilih tinggal di Baghdad tetapi masa tuanya kembali ke Balkh.
 
Pemikiran
    Dalam bidang kalam, diantara pendapatnya yang terpenting adalah, bahwa Allah tidak mempunyai sifat, kecuali dzat-Nya sendiri. Sifat Tuhan adalah dirinya sendiri. Tuhan melihat segala hal diartikan bahwa dia mengetahuinya. Pengertian yang sam juga diberikan kepada sifat tuhan mendengar, berkehendak dan lainnya.
     Dan dalam usul, pendapatnya yang penting diantaranya tentang hukum mubah. Menurutnya sesuatu yang mubah, dobolehkan adalah diperintahkan. Dan mengenai pengetahuan yang diperoleh melalui khabar (informasi) yang mutawatir (sangat terkenal) adalah nazari (hipotesis), bukan sesuatu yang pasti (hal ini sangat berbeda dengan pendapat ahlu fiqih dan kalam Asy’ariyah (kaum sunni)).
     Ia juga mengkritik pemikiran muridnya, Abu Bakar ar Razi (seorang dokter terkenal), yang berhubungan dengan waktu, seperti yang diungkapkan Ar Razi dalam kitabnya Al ‘Ilm al Ilahi.
     Tulisan-tulisannya tentang mu’tazilah   terutama Kitab Maqalat menjadi rujukan dari Syahrastani dalam menyusun buku Al Milal wa an Nihal.
 
Karya
  • Maqalat Al Islamiyyin.

(Adeng Lukmantara)

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda