ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > AHLI ILMU KALAM (TEOLOG) > Ahli Ilmu Kalam (Teolog) Awal > Ma'bad al Juhani

 
 
 
 
 
 
 
 

Ma'bad al Juhani

 
MA’BAD AL JUHANI (w. 80 H / 699 M)
         Pemuka qodariyah
 
     Pemuka pemikiran qadariyah awal dalam peradaban islam. Gerakannya ini lahir sebagai reaksi terhadap gerakan jabariyah yang dikembangkan oleh penguasa Umayah waktu itu, yang menjustifikasi kedzaliman dengan alasan taqdir Tuhan. Ajaran qadariyah ini percaya akan kemerdekaan kehendak dan kemerdekaan bertindak manusia.
     Nama : Ma’bad ibn Khalid al Juhani. Lahir di Bashrah, kemudian mengembara ke pelbagai kota besar di dunia Islam, hingga menetap di Damaskus, ibukota dinasti Umayah. Penguasa-penguasa dinasti Umayah ini   terkenal sangat kejam kepada lawan-lawan politiknya atau pengkritiknya.
    Karena sifat opsisinya terhadap penguasa Umayah, ia kemudian ikut memberontak melawan dinasti Umayah pada masa kekuasaan Abdul Malik. Karena pemberontaka ini ia kemudian dieksekusi (dihukum mati) pada tahun 80 H / 699 M ada yang mengatakan tahun 704 M.
 
Pemikiran
    Ma’bad adalah muslim pertama yang mencetuskan pendapat bahwa manusia mempunyai kebebasan mutlak dalam perbuatannya, karena manusia mempunyai kemampuan untuk itu, dan pendapat itu kemudian terkenal dengan paham qadariyah dalam khazanah peradaban Islam. Ma’bad meyakini bahwa manusia menentukan perbuatan mereka sendiri apakah baik maupun buruk.
    Dalam mengambil pendapat, Ma’bad selalu menggunakan sumber islami, tetapi memformulasikannya secara ekstrim untuk kepentingan kontrol sosialnya terhadap kedzaliman penguasa dinasti Umayah yang memamfaatkan ayat-ayat Al Qur’an dan takdir Tuhan untuk membenarkan tindakannya.
     Karena itu kemudian ia mengkritik para khalifah Umayah yang bertindak zhalim terhadap rakyatnya, yang selalu berdalih   bahwa segala tindakan mereka itu sudah ditakdirkan tuhan.
    Dan perannya dalam bidang hadits, dikalangan ahli hadits ia dikenal sebagai perawi yang adil dan kuat ingatannya, yang diterima riwayatnya. Ia banyak meriwayatkan beberapa hadits dari Ibn Abbas, Ibn Umar, Muawiyah, Imran bin Hasyim dan lain-lain.
 

 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda