ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > AHLI HADITS > Ahli Hadits Abad 4 H/10 M > Ibn Khuzaimah

 
 
 
 
 
 
 
 

Ibn Khuzaimah

IBN KHUZAIMAH (w.311 H)
 
     Seorang imam besar, yang melawat ke bernagai kota untuk mencari hadits Nabi.
      Nma: Muhammad bin Ishaq abu bakar ibn Khuzaimah an naisabury. Ia melanglang buana ke berbagai kota untuk mencari hadits nabi. Ia pergi ke Ray, Baghdad, Bashrah, Kufah, Syam, Jazirah Mesir dan wasith.
      Ia belajar dan mendengar hadits dari banyak ulama, diantaranya: Isahaq ibn Rahawaih, Muhammad bin Humaid, Ar Razy, dan lain-lain. Tetapi ia tidak merawikan hadits dari mereka, tetapi meriwayatkan dari Abu Qudamah, dan diantara hadits yang diriwayatkan dari Bukhary dan muslim, serta diluar dari As shahih.
 
Pribadi & Peran
    Ibn Khuzaimah sangat hati-hati dalam meriwayatkan hadits. Kadang ia meninggalkan hadits karena ada catatan pada sanadnya.
    Tentang Ibn Khuzaimah ini, Ar Rabi’ bin Sulaiman berkata:” Kami lebih banyak memperoleh ilu dari Ibn Khuzaimah daripada ia peroleh dari kami.” dan Ad Daruqutny berkata:” Ibn Khuzaimah seorang imam yang kuat hapalannya dan tak ada bandingannya.” Dan Al hakim memasukannya ke dalam golongan fuqaha hadits.
    Ia banyak mempunyai kitab dan ia mempunyai sebuah kitab shahih yang berjudul Ash shahih, yang ianggap masih dibawah shahih Muslim.

 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda