ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > AHLI FIQIH > Imam Madzhab > Imam Al Auza'i

 
 
 
 
 
 
 
 

Imam Al Auza'i

 
ABDURRAHMAN AL AUZA’I (88-157 H)
Faqih, pemuka madzhab
 
     Pemuka madzhab Al Auza’i, dan seorang faqih terkemuka di Syam. Ia juga merupakan ulama pertama penulis hadits di Syam (Syiria). Ia hidup sezaman dengan Imam Abu hanifah, dan seorang ulama besar yang menolak qiyas.
     Nama Abdurrahman bin Umar Al Auza’i. Ia lahir di Syam. Masa kecilnya sangat menderita, karena disamping termasuk orang miskin, juga anak yatim. Ibunya mengajak berpindah-pindah dari suatu kota ke kota lainnya.
      Al Auza’I kecil adalah seorang yang cerdas dan sabar. Pada usia 10 tahun ia sudh hapal Al Qur’an dan menguasai beberapa ilmu keagamaan. Gurunya banyak sekali dari kalangan tabi’in yang terkenal: Atha’ Ibn rabbah, Qatadah, Ibn syihab Az Zuhry dan lain-lain.
     Pada usia 25 tahun, ia menjadi mufti (pemberi fatwa agama) bersama-sama dengan tokoh-tokoh ulama tua lainnya. Jabatan mufti ini dipegangnya sampai ia meninggal (usianya hampir 70 tahun) pada tahun 157 H. Selama waktu itu ia sibuk menjawab masalah-masalah keagamaan ( kurang lebih 70.000 masalah), yang telah diselesaikan secara argumentative.
      Ia adalah seorang imam besar, teristimewa dalam bidang fiqih dan hadits, yang ahli ibadah, khusu dalam shalat, ahli puasa, suka menghindari perbuatan-perbuatan dosa, lebih banyak tafakur, dengan berdiam diri di Kufah. Dalam shlatnya sangat khusu’, sehingga tempat sujudnya sering basah. Ia juga tidak pernah takut apabila seseorang berada dalam kekeliruan, dn hal ini dilakukannya dengan memberi nasehat kepada khlifah Ja’far Al manshur, ketika berkunjung ke Syam.
      Ia mempunyai banyak murid, antara lain : Sufyan ats Tsaury, Imam Malik dan lain-lain.
 
Pemikiran
     Pemikiran Al Auza’I dan madzhabnya dapat dilihat dalam kitab fiqih yang disusun oleh Ibn Jarir Ath Thabary (w. 310 H / 923 M) yang berjudul Ikhtilaf Al Fuqaha dan kitab Al ‘Umm karya Imam Syafi’i. Dalam Al Umm, Imam Syafi’I menggemukakan perdebatan antara Imam Abu Hanifah dan Al Auza’I, serta antara Imam Abu Yusuf dan Al Auza’i.
     Madzhab Al Auza’I bertahan hampir 2 abad. Pernah menjadi rujukan dan pedoman muslim Spanyol (Andalusia) selama hampir 60 tahun, sebelum akhirnya terdesak oleh Madzhab Maliki.
 
(By: Adeng Lukmantara)
 
Referensi:
1.    Almaraghi, Abdullah Musthafa, Pakar Pakar Fiqih Sepanjang Sejarah,LKPSM, , 2001
2.    Dahlan, Abdul Aziz (editor) Ensiklopedia Islam, Ichtiar Baru Van Hoeve, Jakarta, 1996, (6 Jilid)
3.    Dahlan, Abdul Aziz (editor), Ensiklopedia Hukum Islam, Ichtiar Baru Van Hoeve, jakarta, 1996, Cet-1. (6 Jilid)
4.    Dahlan, Abdul Aziz (editor), Ensiklopedia Islam Untuk Pelajar, Ichtiar Baru Van Hoeve, Jakarta, (6 Jilid)
6.    …………...., Leksikon Islam, Pustaka Azet, Jakarta, 1998
 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda