ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > AHLI FIQIH > Ahli Fiqih Abad 8 H/ 14 M > Ibn Rajab al Hambali

 
 
 
 
 
 
 
 

Ibn Rajab al Hambali

IBN RAJAB AL HAMBALI (736-795 H / 1335-1393 M).
Faqih Hambali
 
     Seorang ahli fiqih madzhab Hambali, yang banyak menulis kitab yang berkualitas tinggi dan penuh analisa.
    Nama Abdurahman ibn Syihab al Din Ahmad ibn Rajab ibn Abd al Rahman ibn Hasan ibn Muhammad ibn Abi al Barakat Mas’ud al Hafidz Zain al Din Abu al Faraj al Baghdadiy al Dimasyqiy al Hanbaliy, terkenal dengan sebutan Ibnu Rajab  Al Hanbali. Ayahnya, Ahmad ibn Rajab, seorang ulama yang sangat alim dan menjaga dari hal hal yang tidak baik.
      Ibnu Rajab mulai mengaji ilmu agama dari ayahnya, ia juga seorang murid yang tekun mencari ilmu, dan ia banyal memperoleh ilmu dari ayahnya, Sejak kecil ia sudah banyak sekali menghapal hadits hadits, belajar tentang riwayat al-Quran dari beberapa ulama dan pada akhirnya ia mahir dalam ilmu Fiqih, Ushul hadits, sejarah dan lainnya.
     Tentang keilmuannya dapat dilihat dari kitab kitabnya yang berkualitas tinggi dan penuh dengan analisis. Kata kata yang dipilih untuk menyusun kitabnya juga sangat mengagumkan. Begitu juga apabila dilihat dari segi rasionalitas dan istimbath hukum yang tidak berbelit belit.
   Ia meninggal pada bulan Rajab 795 H dan mewariskan beberapa karya ilmiah yang begitu berharga dan bahan referensi bagi umat islam hingga kini.
 
Karya
  • Zail Thabaqat al Hanabilah (suplemen tokoh-tokoh madzhab Hambali).
  • Al Istikhraj li Ahkam al Kharaj, tentang fiqih.
  • Al Qawa’id, kitab kaidah fiqih dalam madzhab Hambali yang dibahas sesuai sistematika fiqih. Kitab ini dicetak berulang-ulang.
 

 

 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda