ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > AHLI FIQIH > Ahli Fiqih Abad 5 H/11 M > Abu Ya'la al Farra' al Hambali

 
 
 
 
 
 
 
 

Abu Ya'la al Farra' al Hambali

ABU YA’LA AL FARRA’ AL HAMBALI (380-458 H / w. 1065 M)
Ahli Fiqh
 
      Seorang tokoh fiqih Madzhab Hambali kenamaan, yang telah mengangkat kedudukan madzhab Hambali ke dalam posisi 4 besar menggeser posisi madzhab Az Zahiri di urutan ke-4 (setelah madzhab Syafi’I, Hanafi, dan Maliki). Ia seorang ahli usul fiqih dan juga memiliki pengetahuan yang luas tentang Al Qur’an dan Hadits.
      Nama Abu Ya’la Muhammad bin Husain bin Muhammad al Farra’ al Hanbali. Pendidikan awlnya dimulai dengan menekuni hadits dari Abu al hasan al Sukkari tahun 385 H, setelah itu kemudian menimba ilmu dari berbagai guru: Abu al qosim Musa bin Isa al sarraj, Ibn Sa’id, Ibn abu Dawud, dan lain-lain.
    Ia sangat fasih membaca al qur’an dengan 10 qira’at, banyak hapal hadits dengan sanad yang tinggi. Disamping itu, ia sangat ahli dalam berbagai ilmu, terutama fiqih, usul, disamping seorang yang sangat bersahaja, dan berbudi pekerti. Kuliyah-kuliyahnya di Masjid Jami’ al mansur banyak dihadiri orang. Dan karya-karynya cukup monumental dan banyak yang tidak tertandingi hingga kini.
    Ia menjadi qadi menggantikan Ibn makula pada zaman Al Qaim biamrillah, ia juga pernah menjadi hakim untuk wilayah Haran dan Halwan. Ia menjadi hakim yang sukses.
 
Karya
·         Al Ahkam as Sulthaniyah. Suatu kitab tentang politik dan pemerintahan . Kitab ini telah dicetak berulang kali.
·         Al ‘Uddah fi Usul al Fiqh. Merupakan kitab usul fiqih pertama dalam madzhab Hanbali. Kitab ini banyak menguraikan teori ushul fiqih yang digunakan oleh Imam Hambali dan membandingkannya dengan teori ushul fiqih madzhab lainnya.
·         Ibtal Takwil al Asma’ wa al sifat, buku ini dianggap sangat kontroversial, sehingga I dipanggil ke istana khalifah Al qaim bi amrillah.
·         Ahkam al qur’an
·         Naql al qur’an
·         Idah al Bayan
·         Masa’il al Iman
·         Al Mu’tamd dan ringkasnnya
·         Al Muqtabas dan ringkasnnya
·         Uyun al masa’il
·          Ar radd ‘ala al asy’ariyah
·         Ar radd ‘ala al karamiyah
·         Ar radd ‘ala al salimiyah
·         Ar radd ‘ala al Mujasimah
·         Ar Radd ‘ala Ibn al labban
·         Al kalam fi huruf al Mu’jam
·         Usul al Din
·          Itsbat Imamat al Khilafa al arba’ah wa Tabri’ah Muawiyyah al uddah fi usul al Fiqh
·         Al Mujarrad fi al Madzhab
·         Syarh al kharqi
·         Al Khisal wa al aqsam
·         Al Khilaf al kabir

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda