ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > AHLI FILSAFAT > Filsuf / Ahli Filsafat > Mir Damad

 
 
 
 
 
 
 
 

Mir Damad

MIR DAMAD (w. 1041 H/ 1631 H)
Filsuf
 
    Seorang filsuf dan juga teolog terkemuka di zaman pemerintahan Syah Abbas (1588-1629 M) dari dinasti Safawiyah di Isfahan. Ia adalah seorang penggagas aliran Isfahan dan pendiri madrasah harmonisasi antara filsafat peripatetis Ibn Sina dan interpretasi isyraqi dari Suhrawardi dalam persepektif bercorak Syi’ah.
     Nama Muhammad bagir ibn Syams al Din Muhammad, dan terkenal dengan nama Mir Damad.     Ia merupakan filsuf terkemuka dan merupakan guru terbesar syifa Ibn Sina dimasanya..
      Ia layak disebut sebagai seorang penulis orsinil dan secara sistematis lebih filosofis daripada muridnya (Mula Sadra). Ia dinilai sebagai salah seorang dari sedikit filsuf ilumisionis yang sebenarnya.
    Ia menganggap dirinya sebagai pengikut sejati metodologi filosof iluminasi, yang menggabungkan dan memadukan metode dan prinsip diskursif (bahtsi) / metodologi syifa’ Ibn Sina, dengan metode dan prinsip intuitif (dzauqi) / metodologi hikmah al Isyraq-Suhrawardi.
     Dalam karya filsafatnya, maksud Mir Damad adalah mengkontruksi struktur filosofis holistik yang didasarkan atas kemampuan aku yang sadar diri untuk menyatukan pengujian sempurna atas data yang dapat ditangkap dengan visi dan iluminasi.

Karya

·         Al Ufuq al Mubin
·         Jadzawat
·         Qabasat, karyanya yang paling terkenal.

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda