ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > AHLI FILSAFAT > Ahli Logika (ahli manthik) > Malik ibn Wuhaib

 
 
 
 
 
 
 
 

Malik ibn Wuhaib


 
MALIK IBN WUHAIB (Abad 12 M)
Ahli Logika
 
     Ahli logika Andalusia. Ia terkenal karena penguasaannya dalam berbagai bidang ilmu, termasuk astronomi dan astrologi yudisial, dan dikenal pada masanya sebagai sang filosof islam barat.
   Ia adalah guru / pembimbing Ibn bajjah di istana Al Murabitun dan membelanya ketika ia (Ibn bajjah) dikutuk sebagai zindiq, meskipun Malik sendiri mengalihkan bakat-bakatnya ke ilmu-ilmu ketuhanan dan menghindari diskusi filsafat terbuka. Sebagaimana diriwayatkan oleh Ibn al Imam, “ karena apa yang keras dalam kehidupannya ketika ia menjadi sasaran uraian mereka, dikarenakan kepiawaiannya dalam setiap diskusi masalah ilmiyah.”
    Ia dihormati karena kecerdasannya dan diundang dari Seville ke ibukota Al Murabithun untuk berhadapan dengan pemimpin Al muwahidun, Ibn Tumart, yang gerakan-gerakannya hendak menghancurkan rezim al murabithun.
    Setelah sekian lama berlalu, ia dikenang sebagai satu-satunya orang di barat yang meamahami rancangan imperialis Ibn tumart ketika pemberiontakan Berber ditentang oleh ulama marakesh pada tahun 515 H/ 1121 M atau 516 H/ 1122 M.

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda