ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > AHLI FILSAFAT > Ahli Logika (ahli manthik) > Abu al Hakam al Kirmani

 
 
 
 
 
 
 
 

Abu al Hakam al Kirmani

 
ABU AL HAKAM AL KIRMANI (w. 450 H / 1053 M)
Saintis
    Seorang ilmuwan besar abad ke-12 M dari Cordoba Andalusia (Spanyol),   yang banyak menulis soal-soal filsafat dan logika. Ia juga dikenal menonjol dalam bidang geometri.
     Nama Abu al Hakam Amr ibn Abd Ar Rahman Ibn Ahmad Ibn Ali. Ia berasal dari Cordoba dan pernah berguru kepada Maslamah Al Majriti. Ia berkelana ke negeri-negeri Islam timur dan belajar pengobatan (kedokteran) serta ilmu hitung di Harran, kemudian pulang ke Andalusia dan menetap di Saragosa hingga ia meninggal. Disana ia diketahui menjalankan praktek bedah seperti amputasi, dan kauterisasi.
 
Peran
 
     Tentang intelektualitasnya, menurut muridnya, Al Husain bin Muhammadal Husain bin Hayy al Tajibi : “ Tak ada yang sepandai Al Kirmani dalam memahami geometri atau jawaban atas ertanyaan-pertanyaannya yang tersulit, dan dalam mempertunjukan seluruh bagian dalam bentuknya.”
     Menurut Qadi Sa’id dan Maqarry, Al Kirmani adalah orang yang membawa ensiklopedia Ikhwan al Shafa ke Andalusia (bukan gurunya, Al Majriti). Hal ini terjadi sepulang ia dari perjalanannya ke negeri-negeri timur.

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda