ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM > AHLI FILSAFAT > Ahli Logika (ahli manthik) > Abu Sulaiman al Sijistani

 
 
 
 
 
 
 
 

Abu Sulaiman al Sijistani

 
 
ABU SULAIMAN AL SIJISTANI (300-375 H/ 932-985 M)
Ahli manthik
 
      Seorang ahli logika (manthiqi) dan merupakan ahli filsafat terkemuka dimasanya, yang tinggal di baghdad.
      Nama Abu sulaiman Muhammad ibn Thahir ibn Bahram al Sijistani al manthiqi. Ia terkenal dengan gelar al manthiqi (ahli logika).
     Lahir di Sistan (Sijistan) dan meninggal di baghdad. Ia datang ke baghdad sebelum tahun 327 H/ 938 M. Pada tahun pertama kehidupannya, ia berpartisipasi dalam kelompok pengiring raja Abu Ja’far dari Sijistan , seorang raja yang berpengetahuan yang mengembangkan dan memperhatikan kegiatan-kegiatan kultural. Dalam studinya ia lebih tertarik pada studi filsafat daripada filologi. Di Baghdad ia mengikuti majelis Yahya ibn Adi, seorang ahli filsafat beragama kristen.
 
Peran dan pemikiran
         Ia dikenal amat menguasai filsafat dan sangat lihai dalam logika (manthiq), serta disegani oleh kelompok studi filsafat dan sastra. Ia juga banyak menulis studi tentang filsafat Yunani, tetapi beberapa naskah komentar tentang logika Aristoteles telah hilang.
     Di Baghdad ia membuat majelis (perkumpulan studi), yang didalamnya beranggotakan intelektual-intelektual ternama dimasanya: Abu zakaria Al Shamiari (jurubicara pertama dalam pertemuan kerlompok), Abu al fath al Nusayajani, Abu Muhammad al Arudhi, Abu Muhammad al Andalusi, Abu Bakr al Qamusi, Ghulam Zuhal (astronom, dan Al hasan ibn Miqdad.
 
Karya
  • Suwan al Hikmah (Nadi filsafat). Buku ini merupakan salah satu karya paling awal tentang filsafat yang menjadi rujukan para sejarawan pada masa berikutnya.
 

 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda