ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM >  TABI'IN > Tabi'in ahli Hadits > Hammam bin Munabih

 
 
 
 
 
 
 
 

Hammam bin Munabih

HAMMAM BIN MUNABBIH (40-131 H)
Tabi’in yang alim dalam hadits
 
     Seorang tabi’in yang alim, yang menulis 138 hadits dalam shahifahnya, yang dinamai Ash Shahifah ash Shahihah, atau Shahifah Hammam Ibn Munabbih.
     Ia berasal dari Yaman. Ia merupakan putra dari Munabbih ibn Kamil dan saudara dari Wahb ibn Munabbih, seorang tabi’in pakar Israiliyyat.
     Ia berguru kepada Abu Hurairah dan mengutip banyak hadits Rasulullah darinya. Hadits-hadits tersebut kemudian dikumpulkan dalam naskah yang ia namai Ash shahifah Ash Shahihah atau terkenal juga dengan nama   Shahifah Hammam Ibn Munabih. Nakah ini berisikan hadits sebanyak 138 hadits.
      Shahifah ini merupakan bukti kuat adanya pembukuan hadits pada zaman sahabat Nabi Saw, sebab shahifat (lembaran) itu diriwayatkan oleh Hammam ibn Munabih dari Ibn Hurairah Ra yang merupakan salah seorang perawi hadits dikalangan sahabat Nabi Saw. Shahifah (lembaran) ini dewasa ini pertama kali ditahqiq (diberi komentar dan diedit) olehProf. Muhammad Hamidullah, pakar muslim dari Sarbone University Prancis, asal India. Dan kemudian Prof. Rifa’at Fauzy,  Seorang ahli hadits kontemporer, menerbitkannya kembali dilengkapi dengan kajian integral dari berbagai sudut pandang hingga tampil lebih berbobot dari karya Prof. Hamidullah tersebut
 

 
 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda