ENSIKLOPEDIA TOKOH & INTELEKTUAL MUSLIM >  TABI'IN > Tabi'in Ahli Tafsir > Ikrimah bin Abdullah Al Barbari

 
 
 
 
 
 
 
 

Ikrimah bin Abdullah Al Barbari

 

IKRIMAH BIN ABDULLAH AL BARBARI (25-105 H)
Ahli tafsir
 
      Seorang tabi’in Mekkah dan ahli tafsir, dan merupakan tabi’in yang paling mengerti tentang sejarah perjalanan hidup Nabi.
      Nama Ikrimah bin Abdullah al Barbari, biasa dipanggil Abu Abdillah. Ia berasal dari keturunan Barbar, Maroko. Ia bekas sahaya (maula) dari Abdullah Ibn Abbas yang kemudian mengajarinya.
     Ia merantau dari satu wilayah ke wilayah yang lainnya dalam rangka menuntut ilmu dan menyebarkan ilmunya, disamping memberi fatwea. Daerah yang pernah dikunjunginya, antara lain: Khurasan, Isfahan, Mesir, Maroko dan Irak.
     Ia termasuk seorang hafizh, cerdas, ahli ibadah dan berjiwa ksatria. Ia banyak meriwayatkan hadits dari Ibn Abbas, Abu Hurairah, Aisyah dan lain-lain. Dan diantara para perawi yang meriwayatkan hadits darinya adalah Ibrahim an Nakhai, Asy Sya’bi, Amr bin Dinar, dan lainnya.
     Tentang kealimannya, Asy Sya’bi berkata :” Tidak ada orang yang masih hidup yang paling mengerti tentang alkitab selain Ikrimah.”     Sufyan Ats Tsaury berkata: “Ambilah tafsir dari 4 orang, yakni: sa’id Ibn Zubair, Mujahid, Ikrimah dan Ad Dhahak.” Dan Qatadah berkata: “Para tabi’in yang paling ‘alim terdiri dari 4 orang: ‘Atha Bin Abi Rabbah paling alim dalam ibadah, Sa’id Ibn Zubair paling alim dibidang tafsir Al Qur’an, Ikrimah paling alim dibidang biografi dan Hasan Al Bashry alim dibidang halal dan haram.  
 
(Adeng Lukmantara Collection)
referensi
 

 
 
 

 
 
 
 
 
 
 
Title website anda